Pemimpin Dunia Jadi Presiden Seumur Hidup

Pemimpin Dunia Jadi Presiden Seumur Hidup

KILAS - Kongres Rakyat Nasional China atau parlemen China kemarin memutuskan mengubah aturan konstitusi tentang periode jabatan presiden.

Laman Channel News Asia melaporkan, Ahad (11/3/2018), sebanyak 2.958 anggota parlemen menyatakan setuju menghapus aturan periode jabatan presiden, dua anggota menolak, dan tiga abstain. Keputusan parlemen ini bisa memuluskan langkah Xi Jinping menjadi presiden China seumur hidup.

Akhir bulan lalu Komite Sentral Partai Komunis China mengusulkan penghapusan masa jabatan presiden dan wakil presiden yang selama ini hanya dua periode sesuai konstitusi.

BACA : Misteri...! Supersemar Versi Jenderal M Jusuf & Debat Panas Pembubaran PKI

Selama ribuan tahun kekuasaan yang dipegang oleh satu orang biasanya berbentuk sistem kerajaan. Tapi di era modern sejumlah pemimpin dunia di negara yang tidak menganut sistem kerajaan juga ada yang berkuasa seumur hidup.

"Biasanya ada kecenderungan kebijakan dari penguasa semacam itu menjadi tidak menentu dan tidak bijak," kata Erica Frantz, pengamat politik dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, seperti dilansir laman the Associated Press, Ahad (11/3/2018).

Berikut sederet para pemimpin dunia yang pernah berkuasa seumur hidup :

Berita Lainnya

Index