Akmal Jinan Rilis Lagu Sabar dan Sholat

PADANG - Apapun yang terjadi di muka bumi ini adalah karena kehendak Allah SWT. Terinspirasi dari kekuasaan Allah SWT di atas muka bumi ini, Akmal Jinan merilis lagu terbarunya yang berjudul Sabar dan Sholat, videonya dirilis pada hari Senin 6 Januari 2020 di kanal YouTube Akmal Jinan Official.

”Lagu Sabar dan Sholat liriknya simple, pesannya sangat jelas, motivasi untuk mengamalkan Alquran surat Al-Baqarah ayat 153. Agar senantiasa meminta pertolongan kepada Allah dalam sholat dan terus bersabar hingga pertolongan itu datang.” kata Akmal JinanSaat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya, Rabu (15/1/2020)

Seperti yang juga dikatakan Akmal Jinan, lagu Sabar dan Sholat ditulis oleh Kang Anwari Ghazi, dari komunitas pejuang nasyid Kota Cirebon yang sedang merintis perjuangan nasyid di bawah naungan Yayasan Albahjah - Cirebon.

Dalam sebuah perjuangan, salah satunya syiar dakwah lewat nasyid tentu banyak rintangan yang dihadapi, lagu ini memberi motivasi untuk para pejuang dakwah dan semua orang, untuk menjaga sholat lima waktu dan bersabar serta banyak berdoa kepada Allah SWT, supaya diberikan kemudahan dari setiap permasalahan hidup.

Lagu Sabar dan Sholat ditulis pada pertengahan tahun 2019, diproduksi pada bulan Oktobernya, dan rilis di akhir bulan November. Penggarapan musik oleh Kang Johan, yang sekaligus sebagai pengarah take recording di Jo_Studiomusic, studio milik beliau sendiri. Musiknya dikonsep dalam genre pop klasik, dengan sentuhan gambus.

“Sabar dan Sholat sangat erat hubunganya, seperti perintah Allah dalam surat Albaqarah 153, ‘Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu’. Menjalani ibadah dan menjalani kehidupan juga perlu kesabaran, termasuk menanti harapan dalam setiap doa untuk dikabulkan juga butuh kesabaran,” kata Akmal Jinan.

Akmal Jinan lahir di Lampung 5 April 1985, saat ini berdomisili di Kota Cirebon, Jawa Barat. Sebelumnya ia telah merilis beberapa lagu diantaranya Keep Spirit and Tawakal feat Friends (2011), Tahmid Cinta (2012), Sang Pemilik Hati feat Zhafira (2013), Permata Hati (2014), Yakin Seratus Persen (2015), Robbi Habli (2017), Sholawat Rindu feat. Nabila (2018).

"Lagu nasyid sangat saya cintai, selain pesan-pesan yang bagus, berdampak dalam kehidupan saya sedikit demi sedikit, menjadi pribadi yang lebih baik, punya idealisme muslim yang kuat, lebih mawas diri dan berhati-hati dalam bersikap.” ungkapnya.

“Nasyid membawa saya juga dapat pergi ke luar negeri, saat launching lagu Keep Spirit and Tawakal dan dakwah silaturahim dengan para BMI, Buruh Migran Indonesia di Hongkong pada bulan Maret tahun 2015, bersama Duo Kaafi, asuhan Deni Aden,” kata Akmal Jinan.

Akmal Jinan juga mengatakan, hingga sekarang semakin mantap berdakwah lewat karya seni nasyid. Selain itu, dengan bernasyid ia mendapatkan banyak saudara baru, teman baru, baik dengan sesama musisi nasyid di Indonesia, bahkan juga Malaysia.

"Sehingga, jadi banyak relasi yang mengundang saya bernasyid di berbagai acara. Nilai materi bukan tujuan, namun kepuasan dan ketenangan hati yang utama saya dapatkan lewat dunia nasyid.” tutupnya.

[Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli]

#Musik

Index

Berita Lainnya

Index