Marquez Masih Jadi Raja di Austin, Rossi Finis Kedua, Vinales Crash

Senin, 24 April 2017 | 15:09:48 WIB
Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

AUSTIN - Marc Marquez membuktikan dirinya masih yang terbaik di MotoGP Austin dengan kembali memenangi balapan di sana. Valentino Rossi finis kedua, sementara Maverick Vinales crash.

Start dari pole position di Circuit of The Americas, Senin (24/4/2017) dinihari WIB, Marquez disalip oleh rekan setimnya di Repsol Honda, Dani Pedrosa, pada awal balapan. Tapi, Marquez terus menempel Pedrosa dan akhirnya sukses merebut posisi terdepan. Posisi tersebut dia pertahankan hingga finis.

Menjelang akhir balapan, Rossi melewati Pedrosa untuk mengambil alih posisi kedua. Pedrosa pun akhirnya harus puas finis ketiga.

BACA JUGA : Hasil MotoGP Austin

Sementara itu, Vinales yang menang di Qatar dan Argentina harus gigit jari. Rekan setim Rossi di Movistar Yamaha itu gagal finis setelah crash di lap-lap awal.

Bagi Marquez, ini adalah kemenangan kelimanya secara berturut-turut di Austin. Sejak balapan MotoGP digelar di Austin pada 2013 lalu, dia belum sekali pun terkalahkan di sana.

Dengan hasil ini, Rossi kini memimpin klasemen pebalap dengan perolehan 56 poin. Vinales turun ke posisi kedua dengan 50 poin. Marquez menempati posisi ketiga dengan 38 poin.

Seri selanjutnya adalah MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, 7 Mei mendatang.

Baca Selengkapnya di Halaman 2 (Dua).

Jalannya Balapan

Pedrosa, yang mengawali lomba dari posisi keempat, membuat start gemilang dan merebut posisi terdepan di tikungan pertama. Dia diikuti oleh Marquez dan Rossi, sementara Vinales turun ke posisi keempat.

Vinales tak bertahan lama di atas trek. Pada lap kedua, dia terjatuh di sebuah tikungan dan tak bisa meneruskan balapan.

Jatuhnya Vinales menjadi berkah untuk Zarco. Zarco naik ke posisi keempat dan perlahan-lahan memberi tekanan kepada Rossi.

Pada lap kedelapan, Marquez sempat mengambil alih posisi terdepan dari tangan Pedrosa. Akan tetapi, situasi ini tak bertahan lama karena Pedrosa segera menyalip Marquez.

Marquez kembali melewati Pedrosa pada lap berikutnya. Dia berusaha menjauhi rekan setimnya itu, tapi Pedrosa terus menempel ketat. Pedrosa bahkan sempat memimpin lomba lagi pada lap ke-12, tapi cuma sesaat karena Marquez kembali menyalipnya.

BACA JUGA : Hasil MotoGP Austin

Rossi terkena penalti 0,3 detik akibat insiden dengan Zarco. Dia dianggap mengambil keuntungan dengan mengambil jalan pintas setelah motornya bersenggolan dengan Zarco.

Marquez akhirnya bisa menjauh dari Pedrosa dan membuat jarak hampir dua detik dengan Pedrosa. Pedrosa pun akhirnya malah menghadapi tekanan dari Rossi di lap-lap akhir.

Rossi berhasil melewati Pedrosa ketika balapan tersisa dua lap dengan menyalip dari sisi dalam. Dia pun naik ke posisi kedua.

Pada akhirnya, Marquez tak terbendung dan menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis. Sementara itu, penalti untuk Rossi tak berpengaruh apa-apa karena dia finis cukup jauh di depan Pedrosa.

Sumber : detikSport

Terkini