Madrid Hantam Juve 4-1

Ahad, 04 Juni 2017 | 05:49:12 WIB

CARDIFF - Cristiano Ronaldo tampil prima di laga Final Liga Champions kontra Juventus. Dua gol dibuat Ronaldo untuk membawa El Real menang dengan skor 4-1.

Pada pertandingan yang dihelat di Millenium Stadium, Minggu (4/6/2017) dinihari WIB, Madrid unggul duluan pada menit ke-20 lewat gol Ronaldo yang disamai oleh gol Mario Mandzukic di menit ke-26.

Setelah berimbang 1-1 di babak pertama, Madrid tampil trengginas di babak kedua dan menambah tiga gol lagi lewat Casemiro, Ronaldo, dan Marco Asensio.

Laga pun ditutup dengan kemenangan 4-1 dan Madrid berhasil mempertahankan gelar juara Liga Champions yang direbutnya musim lalu. Juve pun lagi-lagi harus menerima kenyataan untuk kelima kali beruntun jadi runner-up di era Liga Champions.

Jalannya Pertandingan

Juve langsung menyerang sejak menit awal dan sudah mendapat peluang ke gawang pertama pada menit ketiga ketika tandukan Gonzalo Higuain tepat ke tangkapan Keylor Navas.

Dua menit kemudian Higuain lagi-lagi mendapat peluang mencetak gol tapi tembakannya bisa diamankan lagi oleh Navas. Dilanjutkan Miralem Pjanic pada menit keenam mengancam gawang Madrid lewat sepakan keras dari luar kotak penalti tapi Navas bisa menepisnya.

Madrid yang lebih banyak ditekan justru mampu unggul duluan di menit ke-20 lewat Ronaldo yang juga jadi attempts on target pertama timnya.

Berawal dari serangan di sisi kanan yang dibangun Ronaldo dari sisi kanan, bola kemudian dioper kepada Dani Carvajal yang langsung mengirim balik ke kotak penalti dan disambut sepakan kaki kanan Ronaldo ke tiang jauh gawang Buffon.

Tersentak dengan gol Madrid, Juve coba menaikkan intensitas serangan dan akhirnya mampu menyamakan skor enam menit kemudian lewat gol cantik Mario Mandzukic. Diawali umpan panjang Leonardo Bonucci ke sisi kiri yang ditempati Alex Sandro yang kemudian mengumpan kepada Higuain.

Higuain yang menerima bola di kotak penalti mengoper kepada Mandzukic yang lantas menguasai sekali dengan kaki kanan dan diakhiri sepakan akrobatik yang mengarahkan bola ke pojok kiri atas tanpa bisa dihalau Navas. Pada proses terjadinya gol, bola yang dioper Higuain ke Mandzukic belum menyentuh tanah sama sekali.

Setelah itu tempo pertandingan relatif menurun dan kedua tim tidak banyak menciptakan peluang berbahaya lagi. Madrid sendiri masih mendominasi pertandingan sementara Juve mengancam lewat serangan yang lebih banyak dari sisi kiri yang ditempati Alex Sandro.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Madrid yang ambil inisiatif serangan membuat Juve kerepotan dan tak sempat sama sekali membalasnya. Mereka hanya bisa bertahan dari gempuran Ronaldo dkk.

Usaha Madrid mencari gol kedua akhirnya terwujud pada menit ke-60 ketika sepakan keras Casemiro dari luar kotak penalti membentur kaki Khedira dan bola mengarah ke pojok kanan gawang tanpa bisa dihalau Buffon.

Madrid lantas menjauhkan keunggulan jadi 3-1 pada menit ke-64 lewat brace Ronaldo. Modric yang menggiring bola dari sisi kanan melepaskan umpan silang dan Ronaldo yang ada di tiang dekat menyonteknya untuk menjebol jala Juve.

Unggul dua gol, Madrid lebih nyaman dalam mengendalikan permainan dan beberapa kali mampu merepotkan pertahanan Juve lewat serangan dari sisi sayap.

Di menit ke-73 Ronaldo nyaris mencetak hat-trick andaikan tembakannya menyusul crossing Marcelo tak melayang di atas mistar.

Juve yang harus mengejar ketertinggalan dua gol malah kehilangan Juan Cuadrado yang mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-84 karena melanggar Ramos tepat di depan wasit.

Namun dalam tayangan ulang, Cuadrado sebenarnya hanya mendorong pelan Ramos tapi kapten Madrid itu melakukan akting yang membuat wasit akhirnya mengusir Cuadrado.

Kemenangan Madrid dimantap gol Asensio pada menit ke-90 ketika umpan tarik Marcelo dituntaskan pemain muda itu lewat sepakan terukur ke gawang Juve.

Laga berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Madrid yang mengantar mereka jadi juara Liga Champions musim ini.

Susunan Pemain

Juventus: Buffon; Barzagli (Cuadrado 66'), Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic (Marchisio 70'), Khedira; Dani Alves, Dybala (78'), Mandzukic; Higuain.

Real Madrid: Navas; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Kroos (Morata 89'), Casemiro, Modric; Isco (Asensio 82'); Benzema (Bale 77'), Ronaldo. (dtk)

Terkini