Sejarawan UI: Nobar G30S/PKI Penting Sebagai Pengingat Sejarah Pada Generasi Muda

Selasa, 19 September 2017 | 16:23:16 WIB

JAKARTA - TNI akan menggelar acara nonton bareng alias nobar film G30S/PKI. Menurut sejarawan UI, Siswantari, acara nobar film G30S/PKI sangat perlu sebagai pengingat sejarah kepada generasi muda.

"Saya rasa itu tidak apa-apa, karena penting juga untuk melihat ini dan peristiwa itu memang sudah jadi bagian dari sejarah kita," kata Siswantari saat diwawancara detikcom, Senin (18/9/2017) malam.

Dia mengatakan pemerintah atau TNI sebagai penyelenggara juga harus memberikan panduan-panduan kepada penonton soal film itu. Dia mengatakan sejauh ini tidak ada masalah dengan film yang berkisah tentang sejarah pada 1965 tersebut.

"Harus juga dilihat aspek kepentingan-kepentingannya dan ini sebagai pengingat kita juga," ucapnya.

Mengenai keinginan pemerintah membuat ulang film G30S/PKI, Siswantari juga mengaku setuju. Dia juga meminta sebaiknya dilakukan penelitian lagi untuk film yang akan dibuat ulang tersebut.

"Sebisa mungkin ya harus ada penelitian baru atau data-data baru. Kalau pemerintah yang buat berarti harus didasarkan penelitian yang dilakukan pemerintah," ucapnya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebelumnya menyatakan Mendagri sudah mengizinkan dia memerintahkan seluruh anggotanya menonton film garapan era Orde Baru tersebut.

Gatot juga mengaku bahwa dialah yang memerintahkan jajarannya menggelar nobar. Menurut Gatot, bahkan Presiden Sukarno pernah memberi pesan untuk tidak melupakan sejarah. [detikcom]

Terkini