Ekonomi RI di Tangan Jokowi, Ini Tanggapan Bos IMF

Senin, 16 Oktober 2017 | 11:02:49 WIB
Foto: Maikel Jefriando/detikFinance

WASHINGTON - Managing Director International Moneter Fund (IMF) Christine Lagarde memandang Indonesia memiliki prospek ekonomi bagus di tangan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertumbuhan ekonomi di atas 5% dianggap sebagai bukti.

"Proyeksi kita 5,2% itu menunjukkan kemajuan yang luar biasa," kata Lagarde di Kantor Pusat IMF, Washington, Sabtu (14/10/2017) waktu setempat, seperti dilansir detikcom.

Lagarde menyebutkan beberapa program yang dianggap berhasil, di antaranya reformasi struktural di sektor rill melalui pemangkasan izin investasi.

Kemudian juga program pengampunan pajak alias tax amnesty yang berlangsung pada tahun lalu. Dengan demikian, pemerintah bisa mendorong peningkatan penerimaan pajak berkelanjutan.

"Tax amnesty itu adalah kebijakan yang sangat jelas," ujarnya.

Meski demikian, kata Lagarde, pemerintah juga harus siap menghadapi berbagai risiko ke depan. Terutama kepada pihak-pihak yang sengaja melakukan penggelapan pajak.

"Melawan penggelapan pajak tidak bisa sendiri-sendiri, harus bersama sama dengan negara lain. Sehingga bisa menjadi lebih efektif," terangnya.

Terkait dengan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Annual Meeting IMF-WB 2018, Lagarde meyakini akan berjalan sukses.

"Indonesia adalah magnet pasar keuangan dunia, semua gubernur bank sentral akan semangat untuk melihat Indonesia. Ini waktu yang tepat untuk menunjukkan sesukses apa Indonesia," pungkasnya.

"Acara itu juga akan bermanfaat bagi ekonomi Indonesia. Orang yang datang akan belanjakan uangnya dan akan memberikan pengaruh terhadap perekonomian," pungkasnya.

Terkini