Sekolah Binaan Tanoto Foundation Dan PT SDS Ikuti Lomba Sekolah Sehat

Jumat, 20 Oktober 2017 | 23:06:37 WIB

DUMAI - Tanoto Foundation (TF) bersama PT Sari Dumai Sejati (SDS) Apical Group menggelar lomba Sekolah Sehat untuk sekolah binaan atau sekolah Mitra Tanoto Foundation bersama PT SDS yang dilaksanakan di SDN 001 Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Sabtu (14/10/2017).

Turut hadir pada acara tersebut perwakilan dari Tanoto Foundation Sulaiman Waruwu bersama Nurul Hasanah, perwakilan dari PT SDS Kamero Bangun bersama Hasbi, perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Dumai Ali Ibnu Amar SIp, serta Puskesmas Sungai Sembilan, Kepala Sekolah, Guru, dan perwakilan siswa dari sekolah binaan TF/PT SDS.

Management PT SDS melalui Kamero Bangun dalam sambutannya mengatakan, salah satu ciri sekolah sehat adalah kamar mandi yang bersih. Selama ini kamar mandi tempatnya selalu di belakang, sejalan dengan perubahan paradigma maka sudah ada sekolah yang menempatkan kamar mandi sekitar depan sekolah bahkan di dalam ruangan.

"Ini akan mendorong orang untuk tetap menjaga kebersihan. Sama seperti touris yang mancari hotel, hal pertama yang dia perhatikan adalah kondisi kamar mandi, apabila bersih maka dia akan tanyakan harga dan sebagainya," ungkap Kamero Bangun, seraya menanyakan apakah kepada para siswa apakah mau sekolah sehat? Serentak para siswa menjawab, “mau," teriak para siswa.

Diharapkan dari kegiatan lomba ini para siswa memahami dan semakin mengerti dengan sekolah sehat, tentu saja ditindaklanjuti dengan adanya perubahan perilaku. Jadi sekolah sehat akan dimulai dari setiap individu di sekolah.

Tanoto Foundatioan merupakan yayasan yang didirikan oleh Sukamto Tanoto yang bergerak dibidang social masyarakat, apa yang dilakukan oleh Tanoto Faoundation sejalan dengan program dari PT SDS.

Kegiatan berbagai perlombaan yang berhubungan dengan kesehatan sekolah dan ramah lingkungan. Ini merupakan salah satu program dari Pelita Pendidikan yayasan Tanoto Foundation. Tema yang dibuat yaitu "Aman, Sehat dan Ramah Lingkungan (ASRI)".

"Kepada sekolah yang mengikuti lomba taklupa kami ucapkan selamat mengikuti lomba, kalah dan menang adalah hal yang biasa, namun yang kita harapkan agar anak-anak kita bisa lebih paham dan mengerti tentang pentingnya kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Tanoto Foundation melalui Sulaiman Waruwu menjelaskan bahwa latar belakang kegiatan ini dilakukan, disamping program Tanoto Foundation melalui Pelita Pendidikan, Yayasan Tanoto Foundation juga memandang sangat perlunya Kesehatan serta lingkungan yang sehat dan bersih bagi siswa-siswi.

Pentingnya pola hidup yang bersih dan sehat. Bersih disini tentunya bersih ruang belajar dan lingkungan sekolah. Sedangkan sehat yaitu sehat anak didik, sehat guru dan sehat juga lingkungan sekolah. Kegiatan lomba yang dilakukan juga bekerja sama dengan Disdik Kota Dumai, Puskesmas Sungai Sembilan dan PT SDS.

"Melalui kegiatan lomba yang dilakukan ini diharapkan siswa bisa lebih paham dan mengerti hidup sehat dan pentingnya kesehatan. Kedepan harapan kita kiranya kegiatan ini mendapat dukungan dari instansi yang terkait seperti Disdik, Diskes dan SLH, sehingga pola hidup sehat tersebut bisa berkesinambungan," ungkapnya.

Adapun perlombaan yang dilaksanakan antara lain; Panggung Boneka, Cerdar Cermat serta lomba Membuat Poster, semua perlombaan tersebut bertemakan tentang pola hidup sehat dan bersih, baik diri sendiri maupun lingkugan

Peserta yang mengikuti perlombaan yaitu, sekolah binaan atau sekolash mitra dari Tanoto Foundation antara lain; SDN 001 Lubuk Gaung, SDN 003 Bangsal Aceh, SDN004 Bangsal Aceh, SDN 006 Bangsal Aceh, MIN 1 Kota Dumai.

Disdik Kota Dumai melalui Ali Ibnu Amar Sip, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tanoto Foundation yang sudah cukup banyak membantu dunia pendidikan melalui sekolah binaannya seperti bantuan pelatihan untuk guru-guru, bantuan buku perpustakaan, bantuan kamar mandi, bangunan dan pengecatan sekolah.

"Kami sangat berharap untuk kedepannya sekolah yang mendapat bantuan kiranya bertambah dari yang sudah ada sekarang ini. Kepada perusahaan-perusahaan lain yang berusaha di wilayah Dumai dapat kiranya membuat program seperti yang telah dilakukan oleh PT SDS, sehingga kedepannya pendidikan bisa lebih maju dan lebih berkwalitas lagi." harapnya.

Kegiatan perlombaan dilaksanakan mulai dari  pukul 09.00 Wib dan berakhir sekitar pukul 12.30 Wib, sebelum pengumuman dan pembagian hadiah, dilaksanakan acara makan siang bersama.

Dari hasil penilaian juri maka yang keluar sebagai juara adalah; Lomba Panggung Boneka Juara I SDN 004 Bangsal Aceh, Juara II SDN 006 Bagsal Aceh, dan Juara III SDN 001 Lubuk Gaung.

Kemudian Lomba Cerdas Cermat, Juara I SDN 006 Bangsal Aceh, Juara II SDN 001 Lubuk Gaung dan Juara III MIN 1 Kota Dumai.

Selanjutnya Lomba Membuat Poster, Juara I SDN 003 Bangsal Aceh, Juara II MIN I Kota Dumai dan Juara III SDN 004 Bangsal Aceh.

Hadiah yang diterima juara berupa Piala, Piagam, Alat-alat untuk kebersihan (sapu, ember, broos dan rinso) untuk sekolah, sedangkan untuk peserta lomba mendapat  bingkisan (berupa sabun, odol dan sikat gigi). (rls)

Terkini