Kemenkominfo Dorong Pemda se-Riau Miliki Akun Medsos

Kamis, 29 Maret 2018 | 13:47:17 WIB

PEKANBARU - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) mendorong kepada seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) se-Provinsi Riau untuk memiliki akun media sosial (medsos) yang terverifikasi.

Hal tersebut terungkap pada Forum Koordinasi Integrasi Kanal Pemerintah Daerah se-Provinsi Riau yang digelar di Hotel Arya Duta, Rabu (28/3/2018).

Direktur Kemitraan Komunikasi Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik Kemenkominfo, Dedet Surya Nandika dalam sambutannya mengungkapkan harapannya agar terintegrasinya semua kanal-kanal media sosial yang ada, baik itu di Kementerian, Lembaga Negara, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota.

BACA : PLN Area Pekanbaru Kembali Lakukan Pemadaman Dalam Sepekan, Berikut Lokasi dan Jadwalnya

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa medsos yang dikelola oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah jika diintegrasikan dapat menjadi trending topic.

"Harapan kami dengan integrasi kanal ini, nantinya Provinsi Riau akan bergabung dengan satgas medsos," ungkapnya.

Satgas Medsos sendiri, dikatakannya, memiliki tujuan untuk menyebarluaskan informasi secara massive ke seluruh Indonesia.

BACA : Seluruh Siswa Paket B dan C Riau Disarankan Datangi Disdikbud Provinsi

Namun diakuinya bahwa untuk mewujudkan hal tersebut ada beberapa kendala karena belum semua yang terintegrasi, sehingga banyak informasi yang tidak tersampaikan kepada masyarakat.

"Semoga di Provinsi Riau ini semua kanal-kanalnya dapat segera terintegrasi dalam Satgas Medsos," harapnya. 

Di lain pihak, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistika (Diskominfotik) Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Infrastruktur E-Government Hasmuri Hasan mengatakan bahwa dengan adanya kanal media informasi dapat memberikan usulan-usulan pembangunan yang lebih detail.

BACA : Disdik Riau Diminta Segera Salurkan Ijazah Paket B & C

"Untuk membangun kepercayaan masyarakat, pemerintah harus memberikan informasi yang akurat dan terpercaya," ujar Hasmuri.

Ia kemudian berharap kanal media informasi ini harus dikembangkan guna mengevaluasi kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau maupun Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau.

Hadir sebagai narasumber ini antara lain Asisten Staf Khusus Juru Bicara Presiden Dhedy Adi Nugroho, SAM Bidang Komunikasi & Media Massa Gun Gun Siswadi, serta Kasubdit Kemitraan Pemerintah, Lembaga Negara dan Pemerintah Daerah Kemenkominfo Helmi Malik Bou. (mcr/mcr)

BACA : Ijazah Paket B dan C Tidak Kunjung Selesai, Kadisdik Riau Bungkam

Terkini