Seolah Tak Kapok, Afi Nihaya Lakukan Plagiat Lagi...?

Selasa, 05 September 2017 | 14:55:52 WIB

BANYUWANGI (Wahanariau) - Remaja asal Banyuwangi, Afi Nihaya Faradisa beberapa waktu lalu jadi perbincangan.

Hal ini bermula dari tulisannya yang diunggah di laman Facebook. Tulisan Afi disebut-sebut lebih bijak untuk remaja seusia dirinya.

Tak cuma itu, Afi juga disebut memiliki pemikiran yang lebih maju soal kehidupan berbangsa.

Lambat laun, nama Afi pun semakin santer diperbincangkan. Remaja ini bahkan berkesempatan menjadi pembicara di sejumlah acara diskusi kebangsaan.

Selain itu, Afi juga berkesempatan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Malang, belakangan Afi diketahui sering melakukan penjiplakan terhadap karya orang lain. Tulisan-tulisan yang diunggahnya pun diketahui merupakan karya orisinil warganet lain.

Yang terakhir, Afi mengunggah video yang mengekspresikan protesnya terhadap aksi bullying. Lagi-lagi, video tersebut ternyata merupakan hasil plagiasi.

Amanda Todd, korban bully dari Kanada pernah menyampaikan protes yang sama. Perkataan Amanda itu pun sama persis dengan apa yang dinyatakan Afi.

Kali ini, gadis cantik ini pun kembali ketahuan melakukan tindak plagiasi. Sabtu (2/9/2017) kemarin, Afi mengunggah tulisan di laman Facebooknya.

Dalam tulisan tersebut, ia menyoroti soal konflik yang tengah terjadi di Rohingya, Myanmar. Sebagaimana diketahui, di wilayah itu tengah terjadi konflik kemanusiaan.

Berikut tulisan yang diunggah Afi:

"JANGAN IMPOR KONFLIK ROHINGYA KE SINI!

Hari ini di beranda saya banyak berseliweran orang yang menuliskan status soal warga Rohingya, Myanmar.

Sebagai ungkapan kemanusiaan tentu saja saya apresiasi. Di manapun tempatnya, kejahatan terhadap kemanusiaan wajib kita lawan. Kita juga wajib membela korban.

Hanya saja ada banyak orang salah fokus ketika mereka menganggap tragedi Rohingya adalah penindasan pada warga muslim oleh penganut Budha.

Yang salah fokus tentu saja orang yang biasanya malas membaca. Biasanya diiringi dengan mabuk agama. Mereka lebih dulu ngotot dan gila jihad ketimbang mendalami persoalan."

Capture postingan Afi ini tersebar luas dan diunggah akun Instagram @makrumpita pada Senin (4/9/2017).

Di sisi lain, warganet menyadari tulisan yang diposting Afi tersebut merupakan karya dari Eko Kuntadhi. Namun, dalam postingan tersebut, Afi pun tak menuliskan sumber dari mana ia menyadur pernyataan itu.

Adapun, Eko memposting tulisan tersebut pada Jumat (1/9/2017). Tak pelak, postingan Afi ini pun jadi perbincangan. Banyak warganet yang mengaku heran dengan tindakan yang dilakukan remaja ini.

ritaernawati20: "Ne anak sakit apa ya."
dinirostiati80: "Ga kapok-kapok mba...kronis."
iburmhtangga: "Over deh ni anak. Ngakak asli.....mending belajar terus deh nak. Baru kamu belajar nulis yang benar. Gak usah copy lagi."

Sementara itu, tak berselang lama setelah unggahannya jadi perbincangan, akun Facebook Afi pun tak lagi diaktifkan. (TribunWow)

Terkini