Berkat Fitur Apple, Keluarga Selamat dari Kebakaran di Hawaii

Berkat Fitur Apple, Keluarga Selamat dari Kebakaran di Hawaii
iPhone 14 dok Apple

JAKARTA - Fungsi satelit SOS Apple di iPhone 14 kembali menjadi jagoan. Fitur ini menyelamatkan sebuah keluarga yang terjebak dalam kebakaran hutan di Maui, Hawaii.

Pengguna Twitter Michael Miraflor mengatakan lima orang, yang masih berhubungan dengan pacar saudara laki-lakinya, terjebak di dalam kendaraan di Maui ketika api mengepung mereka.

"Sepupu  pacar saudara laki-laki saya dan keluarganya terjebak di dalam kendaraan mereka di Maui ketika kebakaran hutan terjadi di sekitar mereka," tulisnya di Twitter. 

"Tidak ada layanan telepon seluler, jadi Apple Emergency SOS adalah satu-satunya cara untuk menghubungi layanan darurat. Ini benar-benar menyelamatkan nyawa mereka," tambahnya. 

Miraflor juga membagikan tangkapan layar dari seluruh utas teks Crisis SOS, memberi kami ikhtisar tentang apa yang dilakukan oleh pemadam kebakaran  dan petugas operator setempat. Keluarga itu berada di Outlet Maui di Lahaina, tempat kebakaran dimulai.

Dalam rantai teks, lokasi keluarga diteruskan ke operator dan mereka dapat melaporkan bahwa mereka dikelilingi oleh api tanpa jarak pandang dan tidak ada jalan keluar karena jalan yang diblokir.

Petugas pemadam kebakaran mencapai keluarga tersebut berkat ambulans melalui satelit dan mengevakuasi mereka dalam waktu 30 menit.

Dimulai oleh Apple Insider, kebakaran hutan di Hawaii sangat dahsyat dan sedikitnya 36 orang tewas dalam bencana tersebut. Angin kencang  memicu kebakaran dan kota Lahaina, tempat keluarga itu terperangkap, sebagian besar hancur.  

Fitur  SOS Darurat melalui Apple Satellite tersedia di semua model iPhone 14 dan sejauh ini  bertanggung jawab untuk menyelamatkan banyak nyawa dan membantu orang di daerah terpencil.

SOS darurat melalui satelit tersedia di area tanpa WiFi atau jangkauan seluler dan saat ini ditawarkan oleh Apple sebagai layanan gratis.(detikINET)

Berita Lainnya

Index