Bung Saspri Digadang-gadangkan Maju Pileg Dumai 2019

Kamis, 08 Maret 2018 | 13:13:14 WIB
Saspriadi atau yang akrab disapa Bung Saspri

DUMAI - Salah seorang putra terbaik Kecamatan Sungai Sembilan dikabarkan bakal merebut suara untuk maju sebagai calon wakil rakyat di DPRD Kota Dumai. Seberapa besar peluangnya untuk meraih kursi sebagai Legislator?

Kecamatan Sungai Sembilan masuk dalam Dapil III Kota Dumai yaitu Kecamatan Sungai Sembilan - Bukit Kapur. Bagi politisi asal Kecamatan Sungai Sembilan, boleh dibilang Dapil III ini merupakan posisi sulit, karena mereka harus bersaing ketat dengan calon-calon legislator lain dari seluruh Kecamatan Sungai Sembilan dan Bukit Kapur

Pada periode 2014-2019 silam, Ada empat orang tercatat sebagai caleg asal Kecamatan Sungai Sembilan yang lolos ke DPRD Kota Dumai.

Baca : BPK Periksa Bantuan Keuangan 12 Parpol di Bengkalis

Kali ini, persaingan ketat dipastikan bakal kembali terjadi, bukan hanya dengan sesama caleg dari Kecamatan Sungai Sembilan, tapi terutama dengan caleg-caleg Kecamatan Bukit Kapur lainnya.

Salah seorang pemuda yang dikabarkan mencuat dan digadang-gadangkan di Kecamatan Sungai Sembilan untuk mewakili Kecamatan Sungai Sembilan melalui Dapil III yaitu Saspriadi atau yang akrab disapa Bung Saspri.

Meski berkiprah di Jakarta, namun nama politisi Hanura ini tidak asing di telinga masyarakat Kecamatan Sungai Sembilan. Pria yang juga aktivis ini diketahui sering ‘pulang kampung’ untuk menghadiri berbagai acara yang melibatkan masyarakat di tanah kelahiran.

Baca : Komisi II DPR Cek Persiapan Pilkada Serentak di NTB

Dari seorang pria yang digadang-gadang bakal maju sebagai caleg tadi, bukan mustahil untuk duduk di kursi senator 2019-2024. Sebab mencuatnya nama Bung Saspri sudah menjadi perbincangan hangat tokoh masyarakat Kecamatan Sungai Sembilan.

Bahkan, tidak hanya menjadi perbincangan hangat tokoh masyarakat di Kecamatan Sungai Sembilan, nama Bung Saspri juga sudah menjadi perbincangan hangat dikalangan kaula muda di Kota Dumai.

Saspriadi ketika dikonfirmasi, hanya memberi jawaban singkat, “Kita persiapkan saja dulu. In Shaa Allah jika masyarakat Kecamatan Sungai Sembilan menginginkan saya maju dan menjadi wakilnya di legislatif, kenapa tidak...!” ungkapnya.

Baca : Tahun Politik, Pramono Minta Jajaran Setkab Tetap Bekerja Profesional

Jawaban ini tentu memberi kesan ‘siap maju’. Namun menilik kalimat ‘persiapkan’, kemungkinan besar yang bersangkutan memang benar akan maju sebagai caleg di pesta demokrasi mendatang.

Sebenarnya, semua putra/putri Kecamatan Sungai Sembilan yang maju sebagai caleg patut mendapat perhatian dan dukungan.

Namun pada saat bersamaan, mereka juga harus memiliki visi misi dan konsep yang jelas dan layak, terutama apa yang benar-benar akan mereka lakukan dengan posisinya sebagai wakil rakyat kelak demi membangun masyarakat.

Baca : Dampingi Jokowi di Pilpres, Internal Golkar Mulai Dorong Airlangga Hartanto

Ini semua tentunya bukan hanya membangun masyarakat Kota Dumai secara keseluruhan, tetapi juga masyarakat Kecamatan Sungai Sembilan tempat mereka bermula.

Sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Dumai, memang tidak sepatutnya bila mereka dituntut hanya memikirkan kepentingan masyarakat Kecamatan Sungai Sembilan, sebab legislator milik seluruh masyarakat Kota Dumai, bukan hanya Kecamatan Sungai Sembilan.

Dengan komitmen yang jelas untuk tidak melupakan masyarakat yang telah memilih mereka di Dapil masing-masing, setidaknya mereka sudah membuktikan bahwa mereka bukan termasuk golongan penyuka ‘kacang lupa kulitnya’.

Baca : Ini Kriteria Pendamping Jokowi di Pilpres 2019 Menurut PDIP

Sementara menyoal peluang Bung Saspri tersebut, berkaca pada karir politiknya, sepertinya terbilang berpeluang.

Diketahui Dapil I meliputi Kecamatan Dumai Kota dengan jatah sebanyak 5 kursi DPRD Kota Dumai. Dapil II meliputi Kecamatan Dumai Timur dan Kecamatan Medang Kampai dengan jumlah 8 kursi. 

Kemudian Dapil III meliputi Kecamatan Bukit Kapur dan Kecamatan Sungai Sembilan dengan jumlah 8 kursi dan Dapil IV meliputi Kecamatan Dumai Selatan dan Kecamatan Dumai Barat dengan jumlah 9 kursi.*** (Isk)

Terkini