Gowes Ramai-Ramai Jelajahi Keindahan Danau Toba, Asyiknya...!

Selasa, 27 Maret 2018 | 02:20:34 WIB
(Photo: ©Okezone)

TRAVEL - Menjelajahi suatu daerah selain berjalan kaki asyiknya memang sambil mengayuh sepeda santai. Kali ini penjelajahan mengayuh sepeda dilakukan mengelilingi Danau Toba, Sumatera Utara.

Kegiatan penjelajahan yang diberi tajuk Jelajah Wisata Budaya (JWB) Sumater Utara tersebut dimeriahkan 150 peserta dari berbagai daerah bersama dengan MNC Travel. Berkeliling sekitaran wilayah Danau Toba ini jadi salah satu cara yang berbeda untuk menikmati danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara itu.

Sebelum memulai penjelajahan dengan mengayuh sepeda bersama, para peserta melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk kemudian bergerak satu persatu meninggalkan tempat pemanasan. Pulau Samosir yang jadi lokasi penjelajahan cuacanya cukup terik, tapi semangat para peserta tidak lantas padam.

BACA : Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka, Ayooo Buruan Daftar, Begini Caranya...!

Dalam penjelajahan ada rintangan yang mesti dilalui oleh peserta selain terik matahari, yaitu jalur sepanjang 10 kilometer yang naik turun. Tapi, rintangan tersebut tidak sepadan dengan keindahan Danau Toba, sejuknya suasana khas pedesaan di Pulau Samosir, dan hamparan bukit berbaris yang seakan mengiringi perjalanan bersepeda.

“Kita kalau travel agent sudah banyak sekali, jadi kita ingin support pemerintah terutama Kemenpar (Kementerian Pariwisata) dalam mewujudkan target kunjungan 17 juta wisatawan dan MNC Travel mendukung acara ini,” jelas Diana Ring, Marketing Head MNC Travel, yang juga turut memeriahkan acara Jelajah Wisata Budaya (JWB) Sumatera Utara, Senin (26/3/2018).

Para peserta yang mengikuti kegiatan juga turut mengungkapkan kegembiraannya bersepeda mengelilingi Pulau Samosir. Masing-masing mereka mengatakan pendapat dan pujiannya untuk Danau Toba dan Pulau Samosir.

BACA : Traveling ke Tempat Ini Pakai Batik Air Yuk, Cantik Tapi Masih Jarang Dikunjungi

“JWB ini sangat luar biasa dan ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua Indonesia itu sangat indah dan luar biasa,” ucap Ine peserta asal Bogor, Jawa Barat.

Sementara, selain peserta dari dalam negeri, Jelajah Wisata Budaya (JWB) Sumatera Utara juga diikuti oleh peserta dari luar negeri, tepatnya Negeri Jiran. Razi mengungkapkan banyak manfaat yang ia didapatkan dari penjelajahan bersama mengayuh sepeda di kawasan Danau Toba.

“Sebelumnya pernah datang tapi belum pernah buat acara bersepeda seperti sekarang ini. Terus ke kampung-kampung bersejarah yang ada di sini, lalu mengetahui sejarah dari awal hingga sekarang, dan dari acara ini kita bisa tahu lebih banyak tentang tempat-tempat yang dilewati tadi,” tutur Razi, peserta asal Malaysia.

BACA : Sempat Terancam Batal Untuk Kedua Kalinya, Tour De Singkarak 2017 Bakal Lewat Rute Solok Selatan

Acara mengayuh sepeda dan menjelajahi Pulau Samosir sambil menikmati keindahan Danau Toba itu dimulai pukul 07.30 waktu setempat. Para peserta begitu antusias, karena sudah berkumpul sejak pagi sekira pukul 06.00.

Jelajah Wisata Budaya (JWB) Sumatera Utara dan semacamnya diharapkan mampu menarik wisatawan baik lokal maupuan mancanegara untuk berwisata ke Pulau Samosir dan menikmati Danau Toba dengan cara yang berbeda. Selain itu, Diana Ring pun mengharapkan acara tersebut bisa mempererat silaturahmi para pelaku pariwisata Indonesia dan memajukan pariwisata Indonesia.

“Harapan kita untuk mempererat silaturahmi antar seluruh pelaku pariwisata Indonesia, agar kita saling bertukar pikiran untuk memajukan pariwisata Indonesia,” paparnya. (okezone)

BACA : Bersepeda Sehat, ISSI Inhil Touring ke Kuala Enok

Terkini