Kanal YouTube Be In Channel Edukasi Masyarakat Lewat Konten Hiburan Soal Keluarga Berencana

JAKARTA - Kemajuan teknologi komunikasi membuat perhatian masyarakat lebih tertuju pada media informasi berbasis internet, salah satunya platform YouTube. Pandemi membuat para konten kreatornya makin ramai, mereka berusaha melahirkan karya kreatif dengan karakter tersendiri agar diterima masyarakat.

Be In Channel, sebuah kanal YouTube yang dirilis pada 3 Oktober 2020 menghadirkan konten-konten edukasi pada masyarakat tentang pentingnya Keluarga Berencana.

Uniknya, meskipun konten-konten Be In Channel sarat dengan pesan edukasi, tapi disajikan dengan kemasan hiburan. Seperti pada kontennya yang berjudul 'Mau Nikah?? Jangan Cuma Prewedding!! Cek Kesehatan Juga', yang diunggah pada Senin 19 Oktober 2020, melalui salah satu programnya bertajuk Familypedia. Pada video tersebut, Sinyorita sebagai Host, menghadirkan dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

"Familypedia adalah program Talkshow dari Be In Channel, sebagai wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan edukasi seputar persiapan berkeluarga dan kehidupan berkeluarga." kata CongQ Perwira, salah seorang Tim Kreatif di Be In Channel yang tinggal di Jakarta, saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Senin (19/10/2021).

Seperti dikatakan oleh CongQ, selain Familypedia, kanal YouTube Be In Channel juga menyajikan program Sitkom (Situasi Komedi), dan vlog Keluarga Indonesia Tersenyum.

"Familypedia tayang setiap minggu pada hari Senin. Masyarakat dapat mengajukan pertanyaan seputar hal kesehatan, persiapan nikah, perencanaan anak, dan lainnya. Pertanyaan dapat disampaikan masyarakat melalui kolom komentar pada video program tersebut di kanal YouTube Be In Channel, yang akan dijawab pada edisi berikutnya," kata CongQ.

Program Sitkom mengangkat pesan-pesan edukasi seputar Keluarga Berencana, dikemas dalam sajian komedi, dengan tetap mengedepankan hiburan, agar makin mudah diterima oleh masyarakat.

Program ini menghadirkan para komedian yang sudah dikenal masyarakat, seperti Jarwo Kwat, Boiyen, Insan Nur Akbar, dan bintang tamu dari para selebriti yang sedang digandrungi oleh generasimuda.

Untuk program vlog Keluarga Indonesia Tersenyum, Tim Kreatif Be In Channel akan mendatangi rumah-rumah para selebriti, untuk menginspirasi masyarakat tentang pentingnya Keluarga Berencana dalam mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera.

“Semoga Be In Channel dengan program-program kreatifnya yang menarik menjadi channel yang berarti bagi masyarakat Indonesia," kata CongQ.

[Oleh Muhammad Fadhli]

#Musik

Index

Berita Lainnya

Index