• Follow Us On : 

Erika Rasyid Usung Seni Tradisi Jawa di Videoklip Si Manis Jembatan Ancol


Redaksi | Rabu,21 Oktober 2020 - 16:54:08 WIB
Dibaca: 182 kali 

YOGYAKARTA - Visualisasi lagu melalui videoklip juga bisa jadi media dalam penyampaian pesan secara lebih meluas. Melalui videoklip lagu terbarunya Si Manis Jembatan Ancol, Erika Rasyid mengangkat pesan pelestarian seni musik tradisi Jawa, tarian, wayang kulit, serta batik tulisnya.

Videoklip lagu tersebut dirilis pada Senin 19 Oktober 2020 di channel YouTube Chossy Pratama Production.

Si Manis Jembatan Ancol merupakan salah satu masterpiece dari Chossypratama. Singel ke dua Erika Rasyid ini pernah popular dilantunkan Dewi Gita untuk soundtrack sinetron berjudul sama dengan lagunya. Sinetron bernuansa horor tersebut tayang pada salah satu stasiun televisi swasta di Tanahair pada era 90-an.

"Beauty jadi konsep videoklip lagu terbaru saya, Si Manis Jembatan Ancol, dengan mengangkat budaya Indonesia, khususnya Jawa. Kebayang ga, Si Manis Jembatan Ancol yang dulunya cerita tentang cewek cantik tapi serem, sekarang di videoklip ini dikemas dengan lebih menitikberatkan ke sisi art dan beauty, jauh dari nilai serem, karena dari wardrobe, image, sampai tempat, di-set sangat elegan Jawa.” kata Erika Rasyid tinggal di Yogyakarta, saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Selasa (20/10/2020).

Seperti dikatakan oleh Erika Rasyid, image Si Manis Jembatan Ancol itu cantik, seksi tapi horor, ia ingin mengubahnya jadi cantik, seksi, tapi tetap njawani, melalui budaya dan tradisi Jawa.

Dr. Norma Aestetic dan Batik Jagad Ayu, serta MUA by Dido mendukung Erika Rasyid untuk tampil beda pada videoklip tersebut.

Syuting videoklip lagu Si Manis Jembatan Ancol dilakukan seharian penuh pada awal September lalu di Studio Dido Salon – Bintaro. Ia memilih lokasi syuting di sana karena arsitektur rumahnya yang sangat Jawa, sesuai dengan komposisi musiknya yang berunsur gamelan.

“Videoklip Si Manis Jembatan Ancol dibikinkan oleh Chossy Pratama Production, sutradaranya Christo Pelamonia, berkonsep sinematik, dengan koreo tradisi Jawa, dan mengangkat fashion batik, karena saya orang Jogja.” kata Erika.

“Sebenarnya tidak ada tantangan yang berat saat saya menjalani syuting, hanya butuh jaga mood saja, agar tetap good looking di kamera, dan bisa menjiwai lagu ini. Walau di scene terakhir harus ada adegan naik loteng menggunakan tangga tidak permanen, padahal saya takut ketinggian,” kata Erika Rasyid.

Erika Rasyid mengaku optimis pada lagu Si Manis Jembatan Ancol yang dirilisnya, karena aransemen musiknya sangat berbeda dengan versi lamanya. Pada versi yang ia nyanyikan lebih energik, lebih rancak, dan ada sentuhan musik tradisi etnik Jawa, yang sudah jadi ciri khas karya bareng Erika Rasyid dengan Chossypratama.

“Saya berkarya saja, hasil adalah bonus dari setiap proses dalam karir dan karya saya. Saya hanya melakukan yang terbaik saja, tidak pernah berpikir tentang popularitas. Saya sangat berterimakasih kepada Dido Salon – Jakarta, Hyperbox Karaoke – Jogja, dr. Norma Aesthetic – Solo, Jagad Ayu Batik – Jakarta, Prima Founder TV – Jogja, Bakmi Jawa Berkah Dalem - Jogja dan Dirumahsaja Live, yang telah mendukung saya untuk mewujudkan videoklip lagu ke dua saya, Si Manis Jembatan Ancol,” kata Erika Rasyid.

“Aku pengen angkat Erika Rasyid dengan single Si Manis Jembatan Ancol, tapi tidak menghilangkan identitas dirinya sebagai orang Yogyakarta. Terbukti dari dua videoklip lagunya yang telah kami rilis, tetap bernuansa Jawa.” kata 13ndrl, Direktur Chossy Pratama Production

[Oleh Muhammad Fadhli]


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Jumat,17 Januari 2020

Jae Deen Penyanyi Islami Amerika Siap Berkiprah di Asia Tenggara

PADANG - Jae Deen, penyanyi religi yang tengah populer di Amerika baru saja merilis lagu terbarunya

BERITA LAINNYA
Kamis,19 November 2020

Allianz: Cyber Crime Brings Expensive Losses for Companies, But Internal Failures Most Frequent Cause of Cyber Claims

AGCS analysis of more than 1,700 cyber claims: External events such as "DDoS" attacks re

Kamis,19 November 2020

The 2020 Taiwan Open of Surfing starts in Taitung today - Surfs Up

Fred Ehrsam joins Fireblocks Board of Directors as company looks to aggressively expand its presence

Rabu,18 November 2020

Trend Micro IPS Rules Integrate with AWS Network Firewall

Customers get trusted protection for easy-to-manage, scalable network security HONG KONG SAR - Medi

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI