Temenmu Susah Bayar Hutang? Ini Dia Tips Jitu Cara Nagih Hutang Biar Bayarnya Lebih Ngalir Lagi

Temenmu Susah Bayar Hutang? Ini Dia Tips Jitu Cara Nagih Hutang Biar Bayarnya Lebih Ngalir Lagi
Ilustrasi

WAHANARIAU -- Utang-piutang selalu saja jadi urusan yang pelik, terlebih bila berhubungan dengan ikatan pertemanan. Saat udah jatuh tempo, kadang ada perasaan nggak enak bila harus menagih. Di lain pihak, kamu tahu itu hak yang harus segera dilunasi. Lalu apa yang harus dilakukan? 

Penting diketahui, problem semacam ini harus diatasi dengan cara yang tepat dan smooth supaya uang kembali tanpa kamu harus dicap ‘pelit’. Ini dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan buat nagih utang!

Via Telepon

Nggak bisa dipungkiri kalau perihal utang-piutang sering banget bikin dua belah pihak rikuh sendiri. Misalnya, kamu merasa belum tegar untuk bertatap muka dengannya, lakukan saja via sambungan telepon atau pesan. Cara tersebut dijamin efektif banget buat menjaga suasana sekaligus perasaan si peminjam.

Pura-Pura Butuh Uang

Alasan yang satu ini sedikit klise sih emang, tapi cukup ampuh buat dijadikan senjata saat hendak menagih utang. Bilang aja pada si peminjam kalau kamu lagi perlu banget uang untuk membayar cicilan atau tagihan kartu kredit. White Lies seperti ini biasanya lumayan jitu agar dia segera mengembalikan apa yang jadi hakmu. 

Ajak Nongkrong

Biar nggak awkward saat nagih utang, kamu harus bisa menciptakan suasana yang santai dan menyenangkan. Cara lain yang juga efektif banget buat dilakukan adalah dengan ngajak si peminjam buat nongkrong. Nggak harus di kafe, undang aja dia ke rumah atau kamu juga bisa mengajaknya ketemuan di tempat lokasi lain yang lebih mendukung, seperti tempat nongkrong langganan atau basecamp. 

Nah, biar situasinya makin kondusif, sebelum memulai pembicaraan ajak dia terlebih dahulu buat meneguk kesegaran MYTEA. Teh Oolong dalam kemasan botol yang praktis ini adalah rumus jitu buat bikin suasana makin rileks dan menyenangkan buat membuka pembicaraan tentang utang-piutang. 

Sindir Halus

Udah beberapa kali kamu menanyakan baik-baik padanya perihal utang yang tak kunjung dibayar. Namun, respon si peminjam nggak terlalu positif? Kini saatnya kamu mengambil langkah cerdas dengan melontarkan sindiran-sindiran halus. Pilih kata-kata yang cerdas agar menjadi sentakan buat dia. Misalnya, “Wah barusan gajian nih, nggak ada keinginan buat menuntaskan kewajiban gitu?”

Jadi, jurus mana nih yang mau kamu coba buat nagih utang supaya bayarnya lebih ngalir lagi? (merdeka)

Berita Lainnya

Index