Pentingnya Menonton Film Penumpasan G30S/PKI, Begini Penjelasan Pakar Sejarah UR

Pentingnya Menonton Film Penumpasan G30S/PKI, Begini Penjelasan Pakar Sejarah UR

PEKANBARU - Pakar Sejarah dan Dosen Pendidikan Sejarah Universitas Riau, Prof Suwardi MS, mengatakan film G30S-PKI wajib ditonton oleh setiap warga negara Indonesia.

"Tontonan itu diperlukan agar masyarakat bisa tahu siapa yang menjadi pemain, mana benar dan salah, atau kekurangan, dari film itu," katanya di Pekanbaru, seperti dilansir Antarariau, Ahad (1/10/2017).

Pendapat demikian disampaikannya terkait pro dan kontra pemutaran film G30S-PKI tersebut hingga diperingatinya tiap 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Menurut dia, pro dan kontra atas keinginan untuk memutar film G30S-PKI itu masih terjadi kini antara lain lebih karena film itu belum pernah direvisi sesuai kondisi yang sebenarnya seperti siapa aktor dibelakang terjadinya peristiwa yang memilukan itu.

Ia menyebutkan, memang Untung komandan gerakan 30 September tersebut sudah diadili, namun siapa pelaku yang melepaskan tembakan ke para jenderal itu?.." Justru dia tidak tertangkap dan ini pun masih dipertanyakan masyarakat.

"Kita harus sadari bahwa melanggar UUD negara ini, maka pelakunya harus diadili di pengadilan khusus bukan di Mahmilub," katanya.

Berita Lainnya

Index