Pembangunan Gedung Sekretariat ASEAN Dipastikan Selesai Awal 2019

Pembangunan Gedung Sekretariat ASEAN Dipastikan Selesai Awal 2019
Presiden Jokowi didampingi Menlu dan Mensesneg menerima Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (23/3/2018) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, pembangunan gedung baru Sekretariat ASEAN di Jakarta akan selesai pada awal tahun 2019. Pemerintah Indonesia bekerja keras untuk capaian target tersebut.

“Gedung baru akan digunakan secara penuh untuk pertemuan Asean,” kata Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN, Lim Jock Hoi, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (23/3/2018) siang.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu kepada wartawan usai pertemuan mengatakan, gedung baru Sekretariat ASEAN dibangun sejak 8 Januari tahun ini, dengan perkiraan pembangunannya adalah sekitar 395 hari.

BACA : Pengembangan Industri Berdaya Saing Global Melalui Perpres Nomor 2 Tahun 2018

“Perkiraan ya, bisa lebih sedikit tapi at least early next year, awal tahun depan sudah akan dapat menyelesaikan bangunan gedung ini,” ujar Menlu.

Ia menjelaskan, pembangunan gedung ini sangat penting artinya. Pertama adalah untuk memberikan atau sebagai suatu simbol dari sebuah Asean yang moderen, karena kita sudah 50 tahun bersama maka ke depan tantangan lebih berat, pekerjaan kita lebih banyak.

Untuk melakukan pekerjaan yang banyak ini, lanjut Menlu, perlu didukung oleh Sekretariat yang kuat bukan hanya dari sisi sumber daya manusianya tetapi dari segi infrastruktur termasuk gedungnya. Karena gedung yang lama saya kira sudah tidak cukup untuk menampung kegiatan-kegiatan Asean.

Pertamina Gelar Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online di Tiga KotaBACA :

Berita Lainnya

Index