Mendagri Minta Pemda Bantu Antisipasi Kemacetan Arus Balik

Mendagri Minta Pemda Bantu Antisipasi Kemacetan Arus Balik
Ilustrasi Macet Mudik Lebaran ©Internet

Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta setiap pemerintah daerah bersiap untuk membantu mengantisipasi berbagai persoalan lalu lintas pada arus balik lebaran 2016.

Instruski ini sudah disampaikannya sejak awal ramadan lalu. "Kepada Bupati Pemalang, Bupati Tegal, Walikota Tegal, Bupati Kabupaten Brebes, dan Bupati Cirebon, agar mengantisipasi arus balik mudik yang melewati sepanjang Pantura, khususnya Kabupaten Brebes," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 9 Juli 2016.

Instruksi ini, menurut Tjahjo, sudah ia sampaikan sejak awal bulan ramadan lalu. Dalam instruksinya, Tjahjo juga meminta para petugas kesehatan, Puskesmas dan petugas satuan polisi pamong praja (Satpol PP) turut siaga selama 24 jam di sekitar jalur Pantura.

Dia optimistis semua pihak akan berusaha membantu kelancaran lalu arus balik yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada sore ini. "Mohon koordinasi semua pihak, saya yakin sudah dilakukan," katanya.

Pada saat arus mudik beberapa waktu lalu, kemacetan parah hingga puluhan jam terjadi di pintu keluar tol Brebes Timur. Kepadatan juga terjadi di beberapa titik lainnya.(tpc) 

Berita Lainnya

Index