Walaupun Kena Reshuffle, Sofyan Djalil Selalu Aman Sejak Era SBY

Walaupun Kena Reshuffle, Sofyan Djalil Selalu Aman Sejak Era SBY
Kementerian Agraria dan Tata Ruang dari sebelumnya berada di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas, Sofyan Djalil

JAKARTA - Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan perombakan kabinet kedua dalam dua tahun masa pemerintahannya. Sejumlah nama baru nan beken masuk dalam susunan kabinet kerja. Namun, ada juga nama lama yang hanya bergeser posisi.

Ada empat menteri lama yang digeser posisinya. Salah satunya Sofyan Djalil. Dia menempati pos baru di Kementerian Agraria dan Tata Ruang dari sebelumnya berada di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas.

Seperti yang dikutip dari merdeka.com, Menteri Sofyan menjadi salah satu orang aman mendapat jatah menteri pada saat terjadi reshuffle. Jika melirik kembali ke belakang pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sofyan Djalil dua kali aman pada saat reshuffle kabinet saat itu.

Pada Oktober 2004 hingga Mei 2007, Menteri Sofyan menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika. Lalu, pada 9 Mei 2007 sampai 20 Oktober 2009 dia menjabat Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Saat ini, Menteri Sofyan kembali lolos potensi keluar dari kabinet dengan bergeser ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Di awal pembentukan Kabinet Kerja, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Sofyan sebagai sebagai Menko Perekonomian. Namun, setahun menjabat posisinya diganti dengan Menteri Darmin Nasution.

Saat itu Menteri Sofyan menempati pos Kepala Bappenas yang sebelumnya diisi Adrinof Chaniago yang keluar dari kabinet. Menarik ditunggu nasib Menteri Sofyan disisa masa jabatan Presiden Jokowi dan Wapres JK tiga tahun mendatang.

Sumber : Merdeka.com

Berita Lainnya

Index