Kementrian ESDM Bangun 246 PLTS Berkapasitas 50 KW, Dukung Infrastruktur Pulau Enggano

Kementrian ESDM Bangun 246 PLTS Berkapasitas 50 KW, Dukung Infrastruktur Pulau Enggano

BENGKULU (WR) - Pulau Enggano terletak di dalam wilayah administrasi Kabupaten Bengkulu Utara. Secara geografis terletak di Samudera Indonesia pada koordinat 102,05 – 102,25 Bujur Timur dan 5,17 – 5,31 Lintang Selatan.

Luas wilayah Pulau Enggano mencapai 400,6 km² dengan jumlah penduduk 3.354 jiwa yang tersebar di enam desa yaitu Desa Banjarsari, Meok, Apoho, Malakoni, Kaana, dan Kahyapu.

Potensi unggulan yang dapat dikembangkan di Pulau Enggano adalah pertanian, perikanan, dan pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat. Sehingga percepatan pembangunan infrastruktur seperti ketenagalistrikan yang menunjang pengembangan potensi tersebut sangat diharapkan. Terlebih empat dari enam desa yang ada di Pulau ini  belum teraliri listrik.

Sesuai dengan Permen ESDM No 10 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Kegiatan Fisik Pemanfaatan Energi Baru dan Energi Terbarukan, Kementerien Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (DJEBTKE) membangun pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) berdasarkan permohonan bantuan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

“Pembangkit yang sudah dibangun kemudian diserahkan kepada Pemda untuk dikelola melalui Hibah Barang Milik Negara, sehingga tanggung jawab pemeliharaan pembangkit tersebut sudah menjadi kewenangan Pemda sepenuhnya,” bunyi siaran pers Biro KLIK Kementerian ESDM.

Add Friend

Berita Lainnya

Index