Hotspot Makin Banyak Ditemukan

Walah...! Asap Karhutla Riau Sudah Sampai ke Singapura

Walah...! Asap Karhutla Riau Sudah Sampai ke Singapura
Ilustrasi ©Int

PEKANBARU (WR) - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau makin bertambah. Berdasarkan pantauan udara dan Satuan Petugas (Satgas) darat titik panas (hotspot) makin banyak ditemukan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Daerah Pujud dan Bagan Sinembah di Rohil saat ini terdapat banyak titik panas. Belum lagi di Bengkalis, Kampar, Rokan Hulu (Rohul) dan Dumai," sebut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam rilis pada Jumat (26/8/2016).

Satelit dari Lapan melaporkan ada 17 titik di Riau pada Jumat pagi. Sedangkan dari Posko Satgas Terpadu Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau melaporkan terdapat 67 hotspot di Riau dengan tingkat kepercayaan (level confidence) lebih dari 50 persen yaitu di Rokan Hilir 44, Bengkalis 17, Siak 4 dan Rokan Hulu 2  titik.

"Data hostpot ini sesuai dengan hasil patroli udara di lapangan. Asap cukup pekat mengepul dari lokasi hotspot," sebutnya.

Berdasarkan analisis sebaran hotspot, arah angin, sebaran asap dari satelit dan kualitas udara menunjukkan bahwa asap kebakaran hutan dan lahan di Riau terbawa angin ke arah Timur-Tenggara-Timur Laut hingga mencapai Singapura.

Add Friend

Berita Lainnya

Index