Himbauan...! Panitia Tidak Gunakan Kantong Plastik untuk Bungkus Daging Kurban

Himbauan...! Panitia Tidak Gunakan Kantong Plastik untuk Bungkus Daging Kurban
Ilustrasi ©Istimewa

JAKARTA (WR) - Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimbau panitia kurban tidak menggunakan kantong plastik untuk membagikan daging. Himbauan tersebut dikeluarkan sebagai antisipasi membludaknya  sampah non-organik usai bagi-bagi daging saat Idul Adha.

”Imbauan itu sebaiknya dilakukan untuk mengurangi sampah plastik,” ujar Direktur Pengelolaan Sampah KLHK, R. Sudirman, kemarin (10/9/2016).

Dijelaskan Sudirman, KLHK sudah menyebarkan imbauan tersebut melalui surat edaran (SE) yang ditujukan ke gubernur, bupati/walikota, dan majelis ulama Indonesia (MUI).

Pihaknya berharap pemerintah daerah dan stake holder agama Islam menyampaikan imbauan itu sebagai tindaklanjut gerakan pengurangan sampah yang sulit terurai. ”Sifatnya imbauan, tapi lebih baik dilakukan,” ungkapnya.

Sebagai gantinya, KLHK merekomendasikan panitia kurban menggunakan kantong kertas atau karton untuk tempat daging. Cara lain, masyarakat juga bisa membawa wadah daging dari rumah masing-masing.

”Tahun ini kami akan menghitung sampah plastik daging kurban untuk melihat sejauh mana kesadaran masyarakat,” terangnya.

Berita Lainnya

Index