• Follow Us On : 

Ini 4 Tips Pengelolaan Uang Untuk Orang Tua Baru


Lidya Anggraini | Minggu,25 Desember 2016 - 19:57:12 WIB
Dibaca: 1184 kali 
Ini 4 Tips Pengelolaan Uang Untuk Orang Tua Baru

WAHANARIAU -- Anda mungkin termasuk salah satu newbie parents alias orangtua baru yang saat ini tengah menikmati kebahagiaan dan euforia memiliki seorang anak. Selamat! Kebahagiaan yang Anda rasakan ketika si buah hati lahir bisa menjadi energi besar dalam menopang tanggungjawab besar selaku orangtua baru.

Sebagai orangtua, Anda kini memiliki tanggungjawab penuh untuk memberikan kesejahteraan hidup bagi anak Anda. Dan untuk mewujudkan itu semua, selain membutuhkan modal spiritual dan psikologis, dukungan finansial juga dibutuhkan.

Kesiapan finansial ini harus Anda kerjakan sedari mula agar kelangsungan perjalanan membesarkan anak kelak, bisa berjalan mulus atau lebih ringan. Apa saja, sih, pekerjaan rumah atau PR finansial yang harus diperhatikan oleh para orangtua baru?

1. Penyesuaian anggaran rumah tangga

Kehadiran anak dalam sebuah pernikahan membawa perubahan besar dalam pengaturan keuangan keluarga. Setelah Anda dan pasangan melewatkan fase membayar biaya-biaya selama kehamilan dan persalinan, babak baru yang lebih menantang pun dimulai saat si kecil lahir ked dunia.

Lahirlah alokasi anggaran khusus untuk kebutuhan bayi. Mulai dari anggaran popok sekali pakai, imunisasi, pakaian dan perlengkapan bayi, dan lain sebagainya. Berapa besar alokasi kebutuhan Baby Budget yang ideal? Belum ada angka ideal yang disepakati. Semua bergantung pada tingkat penghasilan Anda dan gaya hidup Anda selama ini.

Namun, upayakan agar membuat anggaran yang rasional dan tidak berlebihan. Fokuslah pada kebutuhan bayi yang pokok saja, seperti anggaran imunisasi, perlengkapan pendukung pemberian Air Susu Ibu (ASI), peralatan dan perlengkapan mandi dan cuci, kebutuhan pakaian, selimut, dan tempat tidur. Kebutuhan lain seperti stroller, mainan bayi, masih bisa ditunda.

2. Jalankan trik hemat

Bayi memang masih kecil. Tapi kebutuhannya bukan berarti sekecil badannya. Maka itu, jalankan trik hemat agar kehadiran si kecil tidak membuat Anda mengalami guncangan arus kas. Trik hemat yang bisa Anda jalankan antara lain, memberikan ASI ketimbang susu formula. Selain lebih sehat, ASI jauh lebih murah ketimbang memberi bayi dengan sufor.

Trik hemat lain, belilah pakaian dalam jumlah minimal. Misalnya setengah lusin setiap jenis atau satu lusin saja. Mengapa? Tubuh bayi tumbuh dengan cepat dalam hitungan hari. Ukuran tubuh mereka cepat berubah. Membeli pakaian bayi dalam jumlah banyak membuka risiko mubazir.

Untuk memenuhi kebutuhan lain seperti mainan, perlengkapan bepergian bayi seperti stroller, car seat, perlengkapan makan seperti high chair, Anda bisa memanfaatkan jasa penyewaan alat bayi yang banyak tersedia, di online store maupun toko konvensional.

3. Beli asuransi jiwa

Memiliki anak berarti Anda kini memiliki tanggungan yang harus Anda pastikan kesejahtaraan hidupnya. Sebagai strategi mengelola risiko finansial keluarga, Anda perlu memproteksi diri dengan membeli produk asuransi jiwa dengan uang pertanggungan sesuai kebutuhan keluarga Anda.

Uang pertanggungan asuransi jiwa akan berfungsi sebagai pengganti penghasilan Anda, ketika di tengah perjalanan membesarkan anak, Anda meninggal dunia. Belilah asuransi jiwa murni atau termlife karena Anda bisa mendapatkan uang pertanggungan berjumlah cukup besar dengan biaya premi murah.

4. Mulai menabung biaya pendidikan

Biaya sekolah semakin mahal dari tahun ke tahun. Inflasi atau kenaikan biaya pendidikan mencapai 10 persen-15 persen per tahun. Lebih awal menyiapkan akan lebih ringan bagi Anda kelak. Bagaimana caranya? Anda bisa memilih menabung di produk investasi seperti emas, reksadana, properti atau saham.

Bila modal Anda terbatas, Anda bisa memilih menabung regular di produk tabungan bank seperti tabungan rencana. Yang jelas, pastikan Anda menyisihkan kurang lebih 15% dari total penghasilan untuk kebutuhan menabung ini. (kompas)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Kamis,05 April 2018

Ternyata Ini Penyebab Harga TBS Kelapa Sawit Turun

PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit kembali mengalami fluktuatif. Kali ini harga

Jumat,04 Agustus 2017

Bantah Terima Gaji 'Selangit', Ini Penjelasan Pegawai JICT

JAKARTA (Wahanariau) - Pegawai PT Jakarta International Container Terminal (JICT) membantah mendapat

Selasa,12 Maret 2019

Mau Daftar ke Kadin Inhil, Ini Syarat-syaratnya

TEMBILAHAN - Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin mendaftarkan dirinya ke Kamar D

Selasa,05 September 2017

5 Jalan Tol Baru Bakal Operasi Bulan September, Ini Daftarnya

JAKARTA (Wahanariau) -- Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) merencanakan 5 ruas tol bakal beroperasi pad

Minggu,08 Januari 2017

Biaya Stempel STNK, Dulu Gratis Kini Berbayar

WAHANARIAU -- Penerapan tarif baru mengenai penerbitan dan pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (S

Senin,03 Juli 2017

Lebaran Tahun Ini, BPS Mencatat Harga Beras Terkendali

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga beras relatif terkendali selama Juni 2017. Harg

BERITA LAINNYA
Rabu,23 September 2020
PILKADA DUMAI

KPU Umumkan Empat Pasangan Calon Pilkada Dumai

DUMAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai resmi menetapkan empat pasang calon walikota dan waki

Rabu,23 September 2020

Furniture Anda Luncurkan Perabot Unik untuk Kenyamanan Saat Stay at Home

DEPOK - Pandemi Covid-19 yang masih terjadi membuat masyarakat selalu diminta untuk di rumah saja (S

Rabu,23 September 2020

Cabor Dumai Diminta Serahkan Nama Atlit dan Pelatih Penerima Dana Pembinaan KONI

DUMAI – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Dumai minta pengurus cabang olahraga ag

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI