Rasa Percaya pada Pasangan Pengaruhi Orgasme Wanita

Rasa Percaya pada Pasangan Pengaruhi Orgasme Wanita

WAHANARIAU -- Bagi wanita, seks tak semata urusan fisik. Faktor psikologis seperti rasa percaya berperan penting menentukan orgasme.

Gabriela Galvan de Antillon, terapis seks dan psikologi dari Coral Gables, Amerika Serikat mengatakan bahwa rasa percaya bisa meningkatkan orgasme pada wanita. Makin percaya wanita pada pasangannya, makin optimal orgasmenya.

“Jika Anda memercayai seseorang, perasaan Anda akan tenang. Alhasil ketika bercinta Anda jadi lebih menikmati sesi itu. Hasilnya, orgasme jadi lebih optimal,” papar Galvan.

Bagi wanita, lanjut Galvan, seks tak sekedar menyangkut fisik. Tapi juga emosional dan spiritual.

Tak jarang, masalah datang akibat kurangnya rasa percaya dalam sebuah hubungan. Urusan bercinta pun turut kena imbas.

“Banyak kasus di mana ketidakmampuan wanita untuk orgasme berkaitan dengan faktor psikologi. Bukan faktor fisik,” ujar Kameelah Philips, M.D, pakar obstetrik dan ginekologi di New York, Amerika Serikat.

Seringkali, lanjut Philips, wanita merasa tubuhnya seperti luluh lantak akibat masalah yang terjadi dalam hubungan mereka. Serangan psikologis ini kemudian memengaruhi kondisi fisik mereka.

Ada beragam cara yang bisa ditempuh untuk membangun kepercayaan dalam sebuah hubungan. Salah satu yang paling mudah dan efektif adalah komunikasi.

“Bicaralah dengan pasangan Anda. Jika sudah menyangkut seks dan orgasme, pasangan Anda mestinya antusias dan mau membantu,” imbuh Jim Pfaus, Ph.D, pakar seks yang meneliti tentang orgasme. (kompas)

Berita Lainnya

Index