Tingkatkan Status, STAIN Jalin Kerjasama dengan Dua PT Brunei

Tingkatkan Status, STAIN Jalin Kerjasama dengan Dua PT Brunei
Ketua STAIN Bengkalis Samsul Nezar berikan cinderamata kepada salah satu rektor PTN Brunei Darussalam usai menandatangani kerjasama.(bengkalisone)

BENGKALIS (WAHANARIAU) - Dalam upaya meningkatkan kualitas dan proses percepatan alih status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkalis, tak henti-hentinya melakukan pembenahan dan pengembangan di semua lini.

Kondisi ini menuntut adanya sejumlah gebrakan program dan kebijakan, serta melakukan penggandengan perguruan tinggi (PT) lain, baik dalam negeri maupun luar negeri. 

Ketua STAIN Bengkalis Prof. Dr. H. Samsul Nizar, MA. Sabtu (7/01/2016) kepada media mengatakan setelah pihaknya menandatangani MoU dengan sejumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam negeri dan perguruan tinggi negeri (PTN) di Malaysia beberapa waktu lalu, kembali pada tanggal 3 sampai 6 Januari 2017 lalu, STAIN Bengkalis melakukan silaturrahim ke negara Brunei Darussalam dengan Universiti Islam Sultan Syarif Ali dan Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan," kata Ketua STAIN Bengkalis Prof Dr H Samsul Nizar 

Kunjungan tersebut dilakukan untuk penjajakan awal dilaksanakannya MoU antara kedua belah pihak. Pada saat kunjungan, STAIN melalui Samsul Nizar memaparkan sejumlah keinginannya salah satunya dengan melakukan kerjasama khususnya pada pengembangan Tri Darma PT Hasrat  di hadapan Rektor dan unsur pimpinan kedua PT pada Kamis, 5 Januari 2017 lalu.

Rupanya hal ini mendapat sambutan baik dari Dr Haji Noraffan bin Haji Zainal selaku Rektor UNISSA dan Dr Haji Adanan Haji Besar, Rektor KUPU SB Brunei Darussalam. 

"Mereka sangat mengelu-elukan kedatangan dan keinginan STAIN Bengkalis dan siap melakukan MoU yang akan disepakati bersama,"ujar Samsul.

Dikatakannya, penandatanganan MoU ini akan berlanjut dalam waktu dekat yang akan disepakati antar STAIN Bengkalis, UNISSA dan KUPU SB Brunei. 

"Penjajakan kerjasama ini tak bisa dilepaskan dari kontribusi Dr. H. Gamal Abdul Nasser, MA yang merupakan putra asli Bengkalis yang menjadi dosen di kedua PTN Brunei tersebut" tutur Ketua STAIN

Ia juga memaparkan, Dr Haji Noraffan bin Haji Zainal (Rektor UNISSA) sangat tertarik saat pertemuan tersebut, karena menurutnya masyarakat Bengkalis, masih kuat mempertahankan budaya Melayu, saat pertemuan."Sebab masih menggunakan Bahasa Melayu,"tutur Samsul menirukan yang disampaikan H Norrafan.(bengkalisone)

Berita Lainnya

Index