Akibat Kondisi Cuaca, Kolam Limbah PT MAN di Rohul Terbakar

Akibat Kondisi Cuaca, Kolam Limbah PT MAN di Rohul Terbakar
Kondisi kebakaran kolam penampungan limbah PKS PT MAN di Rohul.(riauterkini)

PASIRPANGARAIAN (WAHANARIAU) - Kolam penampungan limbah milik pabrik kelapa sawit (PKS) PT Merangkai Artha Nusantara (MAN), berlokasi di Desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dilaporkan terbakar pada Jumat (13/1/17) pagi.

Hal ini dibenarkan Kapolsek Tambusai Utara AKP Fauzi, Jumat sore. Peristiwa kebakaran itu terjadi sekiranya pukul 10.00 WIB dengan menghabisi kolam ketiga milik PT MAN.

Menurutnya, api tiba-tiba saja muncul di kolam berukuran 12 meter kali 20 meter. Diduga, api timbul karena cuaca panas dan limbah di PKS mengandung zat yang mudah terbakar.

Api baru bisa dijinakkan oleh karyawan perusahaan sekiranya pukul 10.30 WIB, menggunakan peralatan pemadaman, seperti mobil tangki dan mesin robin milik perusahaan. "Tidak ada korban jiwa," jelasnya. 

Fauzi menyebutkan kebakarakan dikarenakan faktor cuaca, bukan faktor kesengajaan."Limbah cair yang mengandung gas metan memang mudah terbakar, sama halnya dengan insiden kebakaran di PLTBg (pembangkit listrik tenaga biogas) di Desa Rantau Sakti Kecamatan Tambusai Utara (Tambut) pada 2016 lalu,"tukasnya.(riauterkini)

Berita Lainnya

Index