Antisipasi Anarkisme, DPRD Inhil Minta Perketat Pengawasan dan Verifikasi Ormas

Antisipasi Anarkisme, DPRD Inhil Minta Perketat Pengawasan dan Verifikasi Ormas
Ketua Komisi 1 DPRD Inhil, Yusuf Said

TEMBILAHAN (WAHANARIAU) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) meminta, agar Badan Keselamatan Bangsa, Politik, dan Lingkungan Masyarakat (Bakesbangpolinmas) memperketat pengawasan dan senantiasa melakukan verifikasi faktual secara berkala terhadap organisasi kemasyarakatan (Ormas) untuk mengantisipasi penyebaran anarkisme.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi I (Satu) DPRD Inhil, Yusuf Said kepada wahanariau.com melalui sambungan seluler, Jum'at (3/2/2017) siang.

Menurut Yusuf Said, pengawasan terhadap ormas yang terindikasi berpotensi anarkis oleh Bakesbangpolinmas, harus dilakukan dengan cara turun langsung ke lapangan untuk memperoleh hasil yang objektif dan tidak parsial. Begitu pula, lanjutnya, dengan verifikasi, terutama verifikasi secara faktual yang juga harus dilakukan dengan cara serupa dan berkesinambungan.

"Tidak tertutup kemungkinan saat ini, bahwa terdapat ormas-ormas yang terindikasi berpotensi melakukan tindakan-tindakan anarkistis. Mengingat, banyak juga ormas di Kabupaten Inhil yang berpusat di Jakarta dan pernah melakukan hal-hal yang dimaksud beberapa waktu lalu," tukasnya.

Pengawasan ini, dikatakan Yusuf Said, dapat dilakukan oleh Bakesbangpolinmas secara sinergis dengan pihak Kepolisian dan TNI setempat dengan membangun koordinasi yang intensif lintas lembaga.

"Tentunya, segenap penyelenggara daerah Kabupaten Inhil tidak menginginkan terdapat tindakan-tindakan anarkistis yang dapat dilakukan oleh ormas-ormas yang terindikasi tersebut. Artinya, selaku penyelenggara daerah, kita harus melaksanakan upaya-upaya preventif dan antisipatif terhadap potensi ini," tutupnya.

Berita Lainnya

Index