Walikota Serahkan Hasil Sertifikasi Hotel dan Wisma di Dumai, "Setiap Hotel Harus Sajikan Masakan Khas Riau"

Walikota Serahkan Hasil Sertifikasi Hotel dan Wisma di Dumai,
Walikota Dumai Zulkifli AS (kiri) menyerahkan sertifikasi kepada pemilik Hotel City dengan bintang dua didampingi Ketua DPC PHRI Dumai Jamini Ishak (kanan). (foto: Humas Setdako Dumai)

DUMAI (WAHANARIAU) -- Walikota Dumai Zulkifli AS berkesempatan menyerahkan hasil sertifikasi hotel bintang dan non bintang, serta wisma di Kota Dumai, Riau, setelah hasil audit dan verifikasi dari Lembaga Sertifikasi Usaha Adi Karya Wisata dari Yogyakarta, Senin (20/2/2017) di Hotel Grand Zuri Dumai.

Zulkifli AS mengingatkan agar setiap hotel dan wisma yang ada di Dumai menyajikan makan khas daerah Riau terkhusus Kota Dumai. Selain itu, juga untuk kue yang memang menjadi ciri khas harus biasa disajikan saat sarapan pagi di hotel atau wisma.

"Dengan sudah disertifikasinya 3 hotel dan wisma hari ini, bisa memberikan kenyamanan untuk tamu yang datang ke Dumai dan menginap di hotel, serta wisma yang ada. Setiap hotel dan wisma pun harus bisa menyajikan makan khas daerah seperti nasi lambok yang jadi ciri khas Dumai," ujarnya.

Menurutnya sesuai dengan visi Riau, pendapatan asli daerah tidak lagi bergantung dari minyak bumi lagi, namun dari segi pariwisata. Untuk itu perlu dilakukan pembenahan dari bergagai sektor atau bidang, terutama pada infrastruktur.

"Dengan adanya sertifikasi untuk hotel dan wisma ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan Dumai. Hotel yang ada pun harus mampu menarik wisatawan lokal dan luar negeri untuk mau berkunjung ke Dumai," ulasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PHRI Dumai Jamini Ishak mengatakan, dari 11 hotel dan wisma yang disertifikasi, baru 4 hotel yang sudah keluar hasilnya. Diantaranya ada yang naik bintang dan ada juga dari non bintang menjadi bintang, serta ada yang disertifikasi saja.

"Penyerahan hasil sertifikasi, yaitu Hotel Grand Zuri Dumai dari bintang 3 menjadi bintang 4. Hotel Super Star yang sebelumnya non bintang jadi bintang 2. Sementara Hotel City tetap menjadi bintang 2 dan Wisma D'Nusantara hanya sertifikasi saja," katanya.

Untuk itu baginya, setiap hotel dan wisma yang ada di Dumai harus meningkatkan pelayanan dan bisa membawa nama baik Kota Dumai. Memberikan kepuasan tamu yang datang ke Dumai dan seluruh hotel dan wisma yang ada di Dumai harus kompak baik diinternal dan eksternal. (goriau)

Berita Lainnya

Index