Kadis PKP Inhil Komit Upayakan Perluasan Jangkauan Operasional

Kadis PKP Inhil Komit Upayakan Perluasan Jangkauan Operasional
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil, Sirajuddin

Tembilahan - Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Sirajuddin berkomitmen untuk mengupayakan perluasan jangkauan operasional.

Upaya tersebut, menurut penuturan, Sirajuddin kepada wahanariau.com di ruangannya, Kamis (2/3/2017), terlebih dahulu akan dilakukan dengan cara menambah jumlah armada pemadam kebakaran, baik darat maupun laut.

"Jangkauan operasional Dinas PKP Kabupaten Inhil, saat ini hanya efektif menjangkau Kecamatan Tembilahan, Tembilahan Hulu dan Tempuling, dengan jumlah kendaraan operasional 2 unit mobil Damkar (Pemadam Kebakaran), 3 unit motor Viar dan 1 unit mobil rescue. Sedangkan, untuk Kecamatan pesisir diperlukan armada berupa kendaraan laut pemadam kebakaran," terangnya.

Dengan kondisi demikian, dikatakan Sirajuddin, masih perlu penambahan kendaraan operasional Pemadam Kebakaran untuk bisa menjangkau paling tidak setiap Kecamatan di Kabupaten Inhil.

"Dalam waktu dekat, kami akan ajukan usulan penambahan tersebut kepada pihak Pemerintah Provinsi dan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum," pungkasnya.

Selain itu, pengajuan usulan bantuan kendaraan operasional pemadam kebakaran tersebut nantinya, disampaikan Sirajuddin, juga akan difokuskan kepada penanggulangan kebakaran di wilayah pesisir melalui akses sungai menggunakan speed boat.

"Secara bertahap, perlu diprogramkan adanya alat pemadam kebakaran pada masing-masing kecamatan yang disesuaikan dengan kondisi wilayah masing-masing Kecamatan," katanya.

Saat ini, pihak Dinas PKP, disebutkan Sirajuddin, tengah gencar melaksanakan sosialisasi sebagai langkah preventif terjadinya insiden kebakaran di setiap wilayah Kabupaten Inhil sembari menunggu kelengkapan sarana dan prasarana penunjang yang akan diusulkan tersebut.

"Ini wujud komitmen kami yang tidak terhenti hanya karena minimnya fasilitas sarana dan prasarana penunjang. Dalam sosialisasi kami mengerahkan 2 sampai 3 orang anggota Balakar (Barisan Bantuan Kebakaran) yang terdapat di setiap Kecamatan se-Kabupaten Inhil," tukasnya.

Kedepan, Sirajuddin berharap, dalam menjalankan tugas dan fungsi, Dinas PKP dapat menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Inhil, mulai dari Kecamatan hingga wilayah perdesaan sekalipun.

"Nanti, seyogyanya dalam menjalankan tugas, baik yang sifatnya pencegahan maupun penanggulangan, kami bisa menjangkau seluruh wilayah, tidak hanya pada wilayah Kecamatan, namun juga kawasan perdesaan sekalipun dengan segala kelengkapan operasional," tutup Mantan Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kabupaten Inhil itu. (Dex)

Berita Lainnya

Index