Puskesmas Berkelas Resmi Dibuka, Gubri Berharap Masyarakat Dumai Timur tak Perlu Mengantri untuk Berobat

Puskesmas Berkelas Resmi Dibuka, Gubri Berharap Masyarakat Dumai Timur tak Perlu Mengantri untuk Berobat
Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman.

DUMAI (WAHANARIAU) -- Masyarakat di Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Provinsi Riau diharapkan bisa cepat mendapatkan pelayanan kesehatan dan tidak perlu mengantri lama lagi untuk berobat dengan diresmikannya Puskesmas Jaya Mukti.

Puskesmas ini pun diresmikan secara langsung oleh Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Senin (6/3/2017).

Dalam pidatonya, orang nomor satu di Riau ini sangat menyadari betapa pentingnya pemenuhan akses pelayanan kesehatan. Bahkan, kata Andi, akibat kurangnya pelayanan kesehatan itu lah yang membuat masyarakat Riau memilih berobat ke luar negeri terutama ke Malaysia dan Singapura.

Ia pun menegaskan bahwa bantuan pembangunan Puskesmas maupun rumah sakit merupakan wujud nyata dari komitmen Pemprov Riau terhadap kesehatan masyarakat.

"Saya hitung-hitung, miliaran rupiah dalam sebulan uang Riau lari ke luar negeri untuk berobat," kata Andi Rachman, Senin siang.

Selain pemenuhan akses pelayanan kesehatan, hal lain yang menjadi catatan Gubri ialah kelengkapan fasilitas dan pelayanan prima yang ditawarkan oleh luar negeri perlu dijadikan percontohan.

"Ini harus menjadi catatan bagi para dokter kita. Harus banyak senyum kepada pasien. Ini salah satu daya tarik tersendiri bagi pasien," sarannya.

Sebelumnya disampaikan oleh Walikota Dumai, Zulkifli AS bahwa masyarakatnya terpaksa mengantri untuk berobat ke rumah sakit karena terbatasnya fasilitas kesehatan yang memadai di wilayah Dumai.

Oleh karena itu, Wako Dumai ini berharap supaya Pemprov Riau dapat mendukung upaya Pemko Dumai dalam membangun rumah sakit dengan fasilitas yang mencukupi.

"Kami sudah banyak mendapat bantuan pembangunan dari Pemprov Riau. Mudah-mudahan kami terus didukung," harap Zulkifli pada acara peresmian Puskesmas Jaya Mukti berkelas RS dan Ruang VIP RSUD Kota Dumai. (goriau)

Berita Lainnya

Index