Hidupkan Gebu Minang di Mandau, Amril Apresiasi IKMR

Hidupkan Gebu Minang di Mandau, Amril Apresiasi IKMR
Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat menghadiri pembukaan Gebu Minang, di halaman Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Mandau, Minggu malam (26/3/2017).

MANDAU – Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyambut baik Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kecamatan Mandau yang menghidupkan kembali Gerakan Ekonomi Budaya (Gebu) Minang.

”Sekitar 20 tahun silam, Gebu Minang ini sempat eksis di Provinsi Riau. Kemudian vakum cukup lama. Oleh sebab itu, kami menyambut baik inisiasi pengurus IKMR Kecamatan Mandau menghidupkan gerakan ini,” ungkap Amril Mukminin pada saat pembukaan Gebu Minang, di halaman Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Mandau, Minggu malam (26/3/2017).

Agar berkontribuisi pada visi, maka  setiap usaha Gebu Minang diharapkan dapat mempercepat terwujudnya masyarakat rantau dan ranah yang dinamis, terpadu, berorientasi ke masa depan, sejahtera, kreatif, sehat lahir dan batin, dan mampu mengantisipasi serta menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang yang terbuka dalam hidup berbangsa dan bernegara.

”Kemudian dan sesuai kebijakan dan strategi dasar organisasi, maka setiap usaha yang dilakukan tersebut harus bermuara pada percepatan keberhasilan pemberantasan kemiskinan, bukan hanya bagi masyarakat Minangkabau, tetapi juga masyarakat berbilang kaum secara umum,” ujar Amril Mukminin.

Lebih lanjut Bupati Bengkalis sangat optimis, dengan potensi yang dimiliki serta azas organisasi ini, yaitu, “syarak mangato adat mamakai, syarak babuhua mati, adat babuhua sentak; dima bumi dipijak disinan langik dijunjuang”, maka Gebu Minang akan mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat Minangkabau.

Gebu minang, merupakan kelanjutan dari gerakan seribu rupiah minang yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1989 di Bukittinggi. Gerakan ini bertujuan untuk ikut meningkatkan kualitas manusia, potensi, dan kreativitas masyarakat Minangkabau.

“Kami harapkan setiap usaha Gebu Minang yang dilakukan IKMR Kecamatan Mandau, dapat memfasilitasi, memotivasi, mendinamisasi, dan mendayagunakan potensi masyarakat rantau dan ranah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya, baik lahir maupun bathin, dengan kekuatannya sendiri,” tanas mantan Kepala Desa Muara Basung ini.

Kegiatan Gebu Minang sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun ke-14 IKMR Kecamatan Mandau ini, dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri, Asisten 3 Agam, Pasaman timur, Sekda Padang Panjang, Bupati Lima Puluh Kota. Turut hadir Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo dan anggota DPRD Riau Adil serta Miraroza, Sekretaris IKMR Provinsi Riausejumlah anggota DPRD Bengkalis.

Kemudian Ketua LAMR Kecamatan Mandau, Ketua IKMR Kecamatan Mandau, maupun pengurus IKMR Kota Dumai, para ketua pengurus paguyuban yang ada di Kecamatan Mandau.*** (humas)

Berita Lainnya

Index