Bupati Harapkan Terobosan Baru Soal Ketahanan Pangan Kabupaten Inhil

Bupati Harapkan Terobosan Baru Soal Ketahanan Pangan Kabupaten Inhil
Tembilahan - Bertempat di Aula Bapedda Jalan Aksia Tembilahan, Bupati Wardan yang diwakilkan oleh Asisten II Setdakab Inhil, Rudiansyah buka acara Rapat Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Inhil, Selasa (20/12/2016).
 
Kegiatan yang mengangkat tema "Program Aksi Pemerintah Kabupaten Inhil Dalam Upaya Pemenuhan Pangan Pokok Masyarakat" ini dihadiri sekitar 50 peserta undangan yang terdiri dari seluruh Kepala SKPD di Inhil, Instansi vertikal, dan Seluruh Camat yang di Inhil.
 
Asisten II dalam sambutannya menyebutkan sebagaimana  diketahui dalam UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi, mengamanatkan bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang.
 
Rudiansyah katakan pemenuhan pangan sebagai kebutuhan dasar manusia menjadi tanggungjawab negara yang diselenggarakan berdasarkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan.
 
"Hal ini berarti negara yang menentukan kebijakan pangan secara mandiri sesuai potensi sumber daya lokal sehingga pemenuhan pangan bagi negara sampai tingkat perseorangan dapat terwujud," kata Asisten II.
 
Penguatan ketahanan pangan di kabupaten Indragiri Hilir, lanjut Rudiansyah, tidak terlepas dari 3 permasalahan yakni, Dari Sisi Ketersediaan Pangan, Dari Sisi Distribusi, Dari Sisi Konsumsi Pangan oleh masyarakat.
 
"Dari kondisi yang demikian, pada kesempatan yang baik ini saya meminta kepada kita semua agar berupaya mempersiapkan langkah antisipasi, terobosan baru dalam menghadapi masalah dan tantangan terkait kondisi ketahanan pangan di daerah kita, baik yang riil maupun potensial yang dapat mempengaruhi Ketahanan Pangan kita, saat ini dan di masa akan datang," jelasnya.
 
Sementara itu Kepala BP2KP, Fajar Husin dalam laporan menyebutkan Rapat Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Perpres Nomor 83 Tahun 2006 tentang Dewan Ketahanan Pangan, sebagai forum koordinasi dengan pejabat terkait dan unsur-unsur yang terkait dalam rangka mengevaluasi kinerja DKP, membahas masalah, tantangan serta upaya-upaya penyelesaiannya dalam rangka penetapan ketahanan pangan daerah.
 
"Beberapa aspek mencakup Pembangunan Ketahanan Pangan yakni mulai dari ketersediaan, distribusi, konsumsi dan mutu gizi serta keamanan pangan, yang penanganannya memerlukan partisipasi berbagai pihak terkait," imbuhnya.
 
Sekedar informasi pelaksanaan kegiatan ini menghadirkan 5 narasumber, yakni Drs. Berlian Simarmata dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Drs. H. Tantawi Jauhari, MM dari Dinas Perkebunan Inhil, Ir. H. Kuswari, MP dari DTPHP, Umar Hamdy, S.Pt Camat Mandah, dan H. Fajar Husin, SH, MH dari BP2KP Inhil. (Adv/Dex)

#Pemkab Inhil

Index

Berita Lainnya

Index