Meski Masih Seumur Jagung, AKN Bengkalis Jadi Referensi di Indonesia

Meski Masih Seumur Jagung, AKN Bengkalis Jadi Referensi di Indonesia

BENGKALIS - Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bengkalis menjadi AKN referensi bagi daerah-daerah lain di tanah air yang mendirikan perguruan tinggi serupa. Salah satunya rintisan AKN Madiun yang akan berkunjung ke Bengkalis, lengkap dengan civitas akademika dan pejabat Pemerintah Kabupaten Madiun pada 23 Mei mendatang.

Rencana kunjungan study banding rintisan AKN serta pejabat Pemkab Madiun tersebut disampaikan Ketua Pengelola AKN Bengkalis, Alfansuri M.Sc didampingi Izan Bin Jamil, Kamis (18/5/2017). Menurut Alfan, keputusan rintisan AKN dan Pemkab Madiun tersebut berkunjung ke AKN Bengkalis, berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Indonesia.

“AKN Bengkalis menyambut baik kedatangan tamu dari AKN Madiun beserta Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun. Sejatinya ada beberapa rintisan AKN di Indonesia yang berkeinginan untuk mengunjungi AKN Bengkalis ini, yang menjadi persoalan kata mereka, keberadaan kita sangat jauh dari bandara yang berada di Pekanbaru, namun AKN Madiun tetap mau mengunjungi kita walaupun melewati perjalanan yang sangat jauh dan panjang tersebut,” ujar Alfansuri.

Dikatakan, cukup beralasan jika AKN Bengkalis menjadi rujukan/referensi bagi AK di Indonesia, walaapun program studinya hanya D2, berada di pulau terluar ini dan berada ditengah-tengah perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya yang ada di Pulau Bengkalis.

AKN Bengkalis memiliki segudang prestasi, seperti juara pada Lomba Karya Ilmiah Tingkat Propinsi tiga tahun berturut-turut, yakni 2014, 2015 dan 2016, satu-satunya AKN di Indonesia mendapatkan Program Hibah Bina Desa tahun 2015 dan 2016 dari Kementerian Ristekdikti, Juara II dan Harapan II pada Welding Competition se Perguruan Tinggi di Indonesia tahun 2016 yang mampu mengalahkan Universitas dan Politeknik ternama di Indonesia, dan banyak lagi prestasi yang telah diraih oleh AKN Bengkalis yang masih seumur jagung ini.

“Selain prestasi lulusan, AKN Bengkalis juga mendapatkan respon yang baik dari dunia industri dan dunia usaha, hampir 100% lulusan Teknik Pengelasan D2 AKN Bengkalis telah bekerja didunia industri. Lulusan AKN Bengkalis saat ini banyak yang bekerja di Perusahaan Nasional seperti di Jakarta, Batam, Tanjung Balai karimun, Dumai, Duri, Pekanbaru dan beberapa daerah lain,” ujar Alfan lagi.

Disisi lain kata Alfan, AKN Bengkalis mendapatkan support yang besar dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis, dan itu sejalan dengan visi Bupati Bengkalis, Amril Mukminin SE MM untuk menjadi Bengkalis Kota Pendidikan.

“Harapan kita tentunya, keberadaan AKN Bengkalis mampu memberikan solusi bagi anak-anak negeri khususnya yang ingin cepat memutuskan rantai kemiskinan di negeri ini dan menjadi model bagi pengelolaan Akademi Komunitas di Indonesia,” tegas Alfan.

Sesuai surat yang dikirimkan oleh AKN dan Pemkab Madiun, mereka yang akan berkunjung (studi banding,red) ke AKN 

antara lain, Sekreataris Daerah, Kepala Bappeda, Kepala Inspektorat, Kepala BPKAD dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaen Madiun.

Tujuan dari kunjungan tersebut untuk melihat langsung keberadaan AKN Bengkalis yang selalu mendapatkan prestasi baik lokal maupun nasional selain itu juga untuk mendapatkan informasi tentang komitmen Kabupaten Bengkalis yang sangat besar bagi terwujudnya AKN Bengkalis di Negeri Jujungan ini. (<a href="http://halloriau.com/read-93348-2017-05-18-akn-bengkalis-jadi-referensi-akn-di-tanah-air.html#sthash.HPSPX8dO.dpbs" target="_blank" title="KLIK DISINI"><strong>Halloriau</strong></a>)

Berita Lainnya

Index