Presiden Jokowi : Inflasi RI Terendah Dalam 7 Tahun

Presiden Jokowi : Inflasi RI Terendah Dalam 7 Tahun

JAKARTA (WR) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi langkah pemerintah pusat dan daerah, yang saling berkoordinasi menjaga tekanan inflasi selama setahun terakhir. Angka inflasi tahun lalu berhasil mencetak rekor sebagai inflasi terendah dalam 7 tahun terakhir.

"Sejak Rakornas TPID tahun lalu, angka final inflasi itu 3,02%. Terendah dalam 7 tahun ini," kata Jokowi, dalam paparan pada acara Rakornas TPID di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Menurutnya, berhasilnya inflasi dijaga pada kisaran yang diinginkan lantaran dilakukannya sejumlah terobosan dan inisiatif yang lebih tinggi oleh Pemda.

Pertama adalah informasi setahun ini telah banyak dibangun jaringan-jaringan, sarana-sarana dan prosedur untuk menyebarluaskan informasi mengenai harga pangan sehingga lonjakan harga bisa diketahui dengan cepat.

"Di Jateng, semua pasar sudah bisa melihat harga-harga sembako sehingga petani tahu harga di sebuah pasar itu berapa," tutur Jokowi.

Kedua, menurutnya informasi yang disajikan saat ini pun semakin akurat dan tepat waktu. Hal ini memungkinkan respons bisa lebih cepat apabila ada harga yang naik.

"Sehingga kalau ada barang tertentu yang mahal di satu tempat, tapi murah di tempat lain, barang yang ada di lokasi murah itu bisa dikirimkan cepat ke tempat yang mahal tadi. Artinya mengenai distribusi dan pasokan sangat penting sekali," ungkapnya.

Ketiga, adalah budaya organisasi di berbagai instansi pemerintah yang menurutnya semakin awas dan memberi perhatian terhadap stabilitas harga.

"Sekarang sudah mulai membudaya di daerah-daerah bahwa lonjakan harga itu sesuatu yang tidak bisa ditolerir oleh kita. Dulu harga naik dianggap biasa, sekarang harus dianggap tidak biasa. Ini masalah orientasi mental, mindset," pungkasnya. (detikFinance)

Berita Lainnya

Index