Panglima TNI Bakal Gelar Aksi 171717 pada 17 Agustus, Apa Itu? 

Panglima TNI Bakal Gelar Aksi 171717 pada 17 Agustus, Apa Itu? 
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

BOGOR (WAHANARIAU) -- Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan mengadakan kegiatan yang disebut Aksi 171717 di lingkungan TNI. Ini merupakan acara doa bersama yang akan berlangsung pada 17 Agustus 2017. Acara doa bersama ini dimaksudkan guna memohon rahmat Allah untuk bangsa Indonesia.

"Kita meminta rahmat-Nya lagi agar Indonesia mendapat kasih sayang dari Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT," kata Gatot di Istana Bogor, Sabtu, 12 Agustus 2017.

Tujuan kegiatan ini, kata Gatot, adalah agar bangsa Indonesia mendapat kasih sayang dari sesama rakyat dan menyayangi alam. Ini agar bangsa Indonesia akan bisa membangun, sebagaimana dicontohkan para pendiri bangsa di masa kemerdekaan.

Gatot menjelaskan, latar belakang Aksi 171717 berasal dari Pembukaan UUD 1945. Di situ disebutkan, kemerdekaan Indonesia bisa tercapai atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa serta diiringi oleh keinginan yang luhur. "Jadi kemerdekaan ini diakui oleh semua pejuang karena rahmat dari Allah, Tuhan Yang Maha Esa," kata Gatot.

Para pejuang, kata Gatot, tetap berendah hati mengakui kemerdekaan yang dicapai atas rahmat Allah. "Mereka sudah berjuang pun tidak sombong, karena rahmat Allah, rahmat Tuhan," kata Gatot.

Karena itulah Gatot meminta prajurit TNI untuk melakukan doa bersama pada 17 Agustus 2017. Doa bersama akan dilakukan selama satu jam pada pukul 17.00-18.00. Bagi prajurit yang beragama Islam, rangkaian acara akan dilakukan di antaranya dengan pembacaan Al-Quran.

Acara doa bersama ini melibatkan prajurit semua agama. "Pada tanggal 17 kita berdoa, bukan hanya yang Islam. Semua agama berdoa. Selama satu jam untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Gatot. (tempo)

Berita Lainnya

Index