Kapolri Tito: Tidak Ada Negara Lain Sekaya Indonesia

Kapolri Tito: Tidak Ada Negara Lain Sekaya Indonesia

JAKARTA (Wahanariau) -- Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, tidak ada negara lain di dunia ini yang seperti Indonesia. Tito menyatakan, Indonesia merupakan negara besar yang kaya dengan adat dan budaya.

"Pada 17 Agustus ini kita lihat dengan mata kepala betapa kaya Indonesia. Tida ada negara yang sekaya negara kita," ujar Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (17/8).

Dalam upacara peringatan kemerdekaan Indonesia pagi tadi, hampir seluruh tamu undangan mengenakan pakaian adat Indonesia. Hal itu menjadi permintaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Mulai dari masyarakat biasa, jajaran menteri, pejabat negara, perwakilan negara sahabat, hingga presiden Indonesia terdahulu turut meramaikan upacara dengan pakaian adat. 

Tito berpendapat, hal ini seharusnya mendasari masyarakat Indonesia bangga dengan bangsanya. 

Pagi tadi, ia bersama istrinya, Trie Tito Karnaian mengenakan atribut sekaligus pakaian adat Papua. Ia menyatakan, itu merupakan pilihannya sendiri. Presiden tak menentukan khusus daerah yang harus dipilih.

Pakaian Papua memang tak asing baginya. Sekitar lima tahun lalu, ia menjabat sebagai Kapolda Papua.

Pakaian adat Papua berbuah manis. Istrinya menjadi salah satu orang terpilih dan mendapatkan hadiah sepeda dari Jokowi karena berpakaian adat terbaik. 

Trie mengenakan pakaian lengkap mulai dari hiasan kepala, rok, kalung, hingga tas rajutan. "Kami tidak mengharapkan juara. Untuk merayakan, meramaikan, dan menyampaikan Indonesia demikian kaya," tutur Tito. (cnn)

Berita Lainnya

Index