Diskes Riau Sebut Kasus DBD Menurun Dari Tahun Sebelumnya

Diskes Riau Sebut Kasus DBD Menurun Dari Tahun Sebelumnya

PEKANBARU (Wahanariau) - Data Dinas Kesehatan Riau menyebutkan bahwa kasus DBD tahun ini bila dibandingkan tahun lalu jauh menurun. Itu artinya, DBD Riau belum masuk kategori KLB. 

Januari-Juli 2017 jumlah kasus DBD hanya sebanyak 1.360 kasus dengan jumlah masien meninggal hanya 6 orang. Sementara tahun 2016 lalu, jumlah kasus DBD Januari-Juli mencapai 2.745 dengan kasus meninggal sebanyak 28 orang.

Kadiskes Riau, Mimi Nazir mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus, Diskes Riau kini tengah membuat surat edaran gubernur untuk kewaspadaan dini di masing-masing kabupaten/kota.

"Berdasarkan data DBD di siklus lima tahunan, kita harus siap-siap terjadinya lonjakan kasus pada bulan November," terangnya, Sabtu (26/8/2017)

Yang harus dipersiapkan adalah kewaspadaan dini ditingkatkan di seluruh kabupaten/ kota mulai bulan September secara serentak melalui gerakan 3m plus 1. Kemudian rumah 1 jumantik dan meningkatkan kewaspadaan diseluruh tingkatan layanan kesehatan serta nenyiapkan logistik dbd dan sumber sarana lainnya. (rdk/rtc)

#Demam Berdarah

Index

Berita Lainnya

Index