PNS Baru Mulai Kerja Tahun Depan

PNS Baru Mulai Kerja Tahun Depan

JAKARTA (Wahanariau) -- Sebanyak 1.085.834 orang telah melamar calon pegawai negeri sipi (CPNS). Dari jumlah tersebut, masyarakat melamar CPNS untuk berbagai posisi, mulai dari hakim hingga penjaga tahanan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman, mengungkapkan proses seleksi CPNS akan selesai pada akhir tahun 2017 atau bulan Desember. Artinya, PNS baru akan mulai bekerja secara resmi tahun depan setelah memperoleh NIP.

"Desember 2017, proses seleksi (CPNS) selesai dan pemrosesan NIP," kata Herman kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (29/7/2017).

Hingga saat ini sendiri telah ada lebih dari satu juta orang yang melamar menjadi CPNS. Proses pendaftaran pun masih berjalan untuk beberapa posisi, dan akan tutup pada tanggal 31 Agustus 2017.

"Sekarang masih progres pendaftaran. Pendaftaran itu (ditutup) sampai tanggal 31 Agustus," kata Herman.

Herman menjelaskan, penutupan pendaftaran CPNS untuk di instansi Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan kualifikasi SMA/D3 sebetulnya telah ditutup pada tanggal 26 Agustus lalu. Sedangkan untuk posisi di instansi Kemenkumham dengan kualifikasi S1 ditutup tanggal 30 Agustus 2017.

"Untuk MA dan Kemenkumham SMA/D3 tanggal 26 (pendaftaran tutup). Kemenkumham S1 tanggal 30," kata Herman.

Walau demikian, pengiriman untuk berkas-berkas masih dilakukan hingga tanggal 31 Agustus mendatang. Setelah itu informasi kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan pada 5 September 2017. (detik)

Berita Lainnya

Index