Rumah Sakit Pekanbaru Diduga Buang Limbah Medis di Pelalawan

Rumah Sakit Pekanbaru Diduga Buang Limbah Medis di Pelalawan
Limbah medis yang dibuang sembarangan di sejumlah titik di Jalan Lingkar Pangkalan Kerinci, Selasa (19/9/2017). (GoRiau)

PELALAWAN - Berbagai macam limbah medis yang ditemukan di semak-semak, tepatnya di wilayah Kelurahan Kerinci Timur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, diduga berasal dari salah satu rumah sakit di Pekanbaru.

Menurut pengakuan sejumlah petugas yang melakukan pembersihan, mengaku masih mencium aroma tidak sedap. Bahkan beberapa orang mengaku tidak tahan mencium aroma yang berasal dari limbah medis.

Bahkan, petugas yang melakukan pembersihan limbah medis tersebut menemukan beberapa bungkus obat yang bertuliskan RSUD Petala Bumi.

"Ini pak, ada tulisan rumah sakitnya," kata salah seorang ibu-ibu petugas yang ikut melakukan pembersihan limbah medis di Jalan Lingkar, Pangkalan Kerinci, Selasa (19/9/2017).

Pantauan GoRiau.com di lokasi penemuan limbah medis, terlihat beberapa petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan, rombongan dari RSUD Petala Bumi Pekanbaru dan Komisi II DPRD Pelalawan, Baharudin.

Beberapa petugas RSUD Petala Bumi melihat dengan teliti jenis-jenis limbah medis yang berada disemak-semak tepi Jalan Lingkar Pasar Baru dan Jalan Lingkar Pangkalan Kerinci.

Menurut Kabid Penataan dan Pemeliharan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Pelalawan, pembuangan limbah medis di sembarang tempat melanggar hukum lingkungan.

"Kami berharap agar masalah ini segera diselesaikan dan pembuang limbah medis ini terungkap," tegas Tohaji. (GoRiau)

Berita Lainnya

Index