F16 Lanud Pekanbaru Berhasil Turun Paksa Pesawat Intel

F16 Lanud Pekanbaru Berhasil Turun Paksa Pesawat Intel

PEKANBARU - Sebanyak enam pesawat tempur F16 Skadron 16 berhasil memaksa turun sebuah pesawat yang diduga melakukan kerja intelejen pada simulasi "force down" Latihan Pertahanan Udara "Tutuka" di Lanud Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Selasa (19/9/2017)

"Pesawat yang disergap disimulasikan pesawat intel yang mengambil data di pesisir barat Sumatera," kata Komandan Unsur Tempur Sergap Latihan Hanud "Tutuka", Letkol (Pnb) Nur Alimi kepada Antara di Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Simulasi tersebut dilakukan layaknya kondisi sebenarnya, dimana pengamanan wilayah udara oleh Radar Satrad mengidentifikasi pesawat tidak dikenal 15 menit sebelum masuk teritorial Indonesia. Dalam empat menit, sebanyak enam jet tempur F16 A/C Fighting Falcon Block 52ID langsung mengudara.

"Pesawat itu kita cegat di wilayah udara Palembang (Sumatera Selatan), dan sekitar 15 menit pesawat kita mencapai ke sana untuk memaksa dia turun di Pekanbaru," kata Nur Alimi.

Begitu mendarat, ratusan personel dari Lanud Roesmin Nurjadin termasuk pasukan dari Yon Paskhas 462 dengan bersenjata lengkap, mengelilingi pesawat tersebut. Mereka langsung memaksa kru dan penumpang pesawat untuk turun, dan petugas dengan membawa anjing
pelacak menyisir ke dalam kabin pesawat.

Berita Lainnya

Index