Legislator Pekanbaru Sarankan Diskes Membuat Layanan Apotek Berbasis Daring

Legislator Pekanbaru Sarankan Diskes Membuat Layanan Apotek Berbasis Daring
Ilustrasi.net

PEKANBARU - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru menyarankan sudah saatnya Dinas Kesehatan setempat membuat data layanan apotek dalam jaringan (Daring)  yang link ke semua Rumah Sakit dan bisa diakses masyarakat, guna pengawasan obat ilegal.

"Kalau setiap apotek sudah menggunakan sistem  Daring pengawasan yang dilakukan terukur dan terbuka," kata Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru Nofrizal di Pekanbaru, Rabu (11/10/2017).

Menurut Nofrizal sejauh ini Diskes Pekanbaru belum punya data apotek yang beroperasi secara Daring sehingga bisa diketahui masyarakat. Padahal ini penting saat seorang butuh rekomendasi obat dan pembelian resep dokter yang memenuhi stok dan jenisnya warga tidak perlu pusing dan muter-muter mencari tinggal buka aplikasi sehingga diketahui dimana keberadaannya.

Selain itu sebut dia lagi ditengah kondisi saat ini mulai menjamurnya toko obat atau apotik di Kota Pekanbaru harus mendapat pengawasan ekstra dari dinas terkait, terutama soal perizinannya.

"Dikhawatirkan banyak apotik yang melanggar ketantuan atau aturan di Kota Bertuah ini, karena daftar mereka tidak transparan disampaikan dan bisa diketahui masyarakat," tuturnya.

Untuk itu, pemerintah diharapkan bisa menerapkan hal baru tersebut, guna memberi jaminan kepada masyarakat bahwa obat yang diperoleh dari apotik yang memiliki izin, obat-obat yang legal dan terdata secara akurat oleh Dinas Kesehatan.

Berita Lainnya

Index