Resmikan Tol Palindra, Jokowi Minta Biaya Digratiskan Hingga Akhir Tahun

Resmikan Tol Palindra, Jokowi Minta Biaya Digratiskan Hingga Akhir Tahun
Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Palindra seksi 1 di Desa Pegayut, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatra Selatan (Sumsel), Kamis (12/10/2017). (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra) seksi 1 yang menghubungkan Palembang-Pamulutan sepanjang 7,8 kilometer, di Desa Pegayut, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatra Selatan (Sumsel), Kamis (12/10/2017) petang pukul 17.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, Presiden meminta agar jalan tol pertama yang ada di Sumatra Selatan itu bisa dilihat dan dinikmati masyarakat sampai akhir tahun 2017. Untuk itu, Presiden meminta agar sementara jalan tol itu digratiskan kepada masyarakat hingga akhir tahun 2017 mendatang.

“Sampai akhir tahun jangan dipungut (biaya) dulu. Pemiliknya (kontraktor) mana? Bisa ya (menggratiskan) biaya tol? Jangan siap-siap aja, beneran ini,” pinta Presiden Jokowi.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengemukakan, bahwa dirinya sudah mendatangi proyek tol tersebut hingga empat kali. Hal ini karena proses pembangunan jalan tol tersebut yang membutuhkan perlakuan khusus. Dibanding dengan tol yang lain, biaya yang dikeluarkan pun hampir 1,5 kali lipat karena harus menguruk hingga 7 meter.

“Saya sudah empat kali datang ke sini (proyek tol Palindra). Untuk apa? Biar semuanya yang kerja semangat, apalagi tol Palindra ini dibangun di atas lahan rawa, pasti sulit,” kata Presiden Jokowi.

Presiden mengaku sempat mendengar kabar jika dalam pembangunan proyek tol Palindra terkendala pembebasan lahan. Namun saat dikonfirmasikan ke Menteri BUMN, menurut Presiden, sudah semua lahan tol Palindra dibebaskan.

Berita Lainnya

Index