Resmikan Tol Kualanamu-Tebing Tinggi, Jokowi: Pertengahan 2018 Sudah Tersambung Seluruhnya

Resmikan Tol Kualanamu-Tebing Tinggi, Jokowi: Pertengahan 2018 Sudah Tersambung Seluruhnya

MEDAN - Alhamdulillah ruas Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2 sampai 6 sepanjang 42 kilometer sudah diresmikan. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan ruas jalan tol Kualanamu-Tebing Tinggi di Medan, Sumatra Utara, Jumat (13/10/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan telah mendapatkan laporan bahwa untuk Kualanamu – Tebing Tinggi, dan kemudian nanti dilanjutkan masih 14 kilo sampai di Toba, itu pembebasan lahan sudah selesai. Ia menambahkan bahwa hal ini berarti tinggal urusan masalah pengerjaan konstruksi.

“Tadi saya bertanya selesainya kapan ke menteri BUMN, ke Menteri PU, ya kira-kira 2018 pertengahan. Benar Bu, Pak Menteri, betul? Ini dicatat, yang janji menteri bukan saya. Pertengahan 2018 sudah sambung jadi 42 Km + 14 Km sudah sambung sampai ke Tebing Tinggi,” tutur Presiden.

Dengan adanya tol ini, Presiden berharap Toba dan sekitarnya akan menjadi sebuah kawasan pariwisata karena dari Medan-Tebing Tinggi ke Toba yang sekarang 4 sampai 5 jam nantinya kalau tolnya jadi, perkiraan hanya kurang lebih, paling-paling harusnya 1,5 jam sampai 2 jam.

“Sehingga yang namanya mobilitas orang, mobilitas barang itu bisa sangat cepat sekali. Artinya kalau ada mobilitas barang yang cepat, harga transportasinya juga akan lebih murah, kalau harga transportasi lebih murah, barang-barang yang dibawa oleh truk-truk itu juga akan jatuh ke masyarakat juga akan lebih murah,” tambah Presiden.

Biaya transportasi yang turun dengan adanya tol, lanjut Presiden, diharapkan juga akan membuat daya saing Indonesia akan meningkat.

“Inilah kenapa selalu saya kalau ke lapangan, saya tanya ada masalah? Oh, yang ruas Kualanamu-Tebing Tinggi sudah tidak ada masalah, pembebasan rampung semua. Tapi ada masalah yang di Medan-Binjai, masih ada masalah dengan pembebasan lahan,” urai Presiden.

Berita Lainnya

Index