BKPM dan Kementerian Tawarkan Proyek Pariwisata Senilai Rp39 Triliun

BKPM dan Kementerian Tawarkan Proyek Pariwisata Senilai Rp39 Triliun
Ilustrasi.net

PADANG - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Pariwisata menawarkan proyek pariwisata di destinasi prioritas senilai US$ 2,9 miliar atau setara dengan Rp 39 triliun (kurs Rp 13.500) dalam Regional Investment Forum (RIF) di Padang 15-17 Oktober 2017. Tiga destinasi prioritas tersebut adalah Danau Toba, Borobudur dan Tanjung Kelayang.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong menyampaikan bahwa dari delapan destinasi pariwisata yang ditawarkan dalam kegiatan RIF, enam diantaranya merupakan destinasi prioritas.

Kemudian dua diantaranya adalah destinasi pariwisata yang berlokasi di Padang yakni Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang dan Kawasan Wisata Bahari Pantai Mandeh.

Dia menjelaskan dari enam destinasi prioritas tersebut, tiga destinasi diantaranya telah memiliki proyek-proyek yang siap ditawarkan ke investor karena sudah dilengkapi dengan peraturan daerah dan tinggal menunggu investor untuk berinvestasi.

"Diantaranya Danau Toba ada lima proyek dengan estimasi nilai proyek US$ 2,3 miliar, kemudian Borobudur 10 proyek senilai US$ 562 juta, serta Tanjung Kelayang 2 proyek perhotelan senilai US$ 60 juta. Sehingga totalnya adalah US$ 2,9 miliar," ujarnya dalam Regional Investment Forum di Hotel Grand Inna, Padang, dilansir detikcom, Senin (16/10/2017).

Thomas menjelaskan sektor Pariwisata merupakan salah satu sektor yang tumbuh di level 35%-40% jauh di atas pertumbuhan investasi nasional yang per tahunnya di level 12%-14%. 

"Porsinya hingga kini masih kecil bila dibandingkan dengan GDP tapi nanti lama-lama juga akan menjadi besar kalau tumbuh terus secara signifikan," lanjutnya.

Berita Lainnya

Index