Bupati Optimistis Dapat Penuhi Janji Tempuh Jalur Darat Buka MTQ Kabupaten Inhil

Bupati Optimistis Dapat Penuhi Janji Tempuh Jalur Darat Buka MTQ Kabupaten Inhil

Reteh - Pelaksanaan pemeliharaan ruas jalan Kota Baru - Sanglar - Pulau Kijang berjalan lancar tanpa hambatan berarti, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan optimistis dapat memenuhi janji untuk menempuh jalur darat menuju Pulau Kijang, Kecamatan Reteh guna membuka penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Inhil pada Bulan November mendatang.

Janji yang pernah dilontarkan Bupati Inhil, HM Wardan beberapa waktu lalu, ihwal akses jalur darat menuju Pulau Kijang, kini telah menjadi sebuah keharusan bagi Dirinya untuk merealisasikan hal tersebut. Oleh karenanya, Bupati pun memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Inhil, untuk menggesa penyelesaian pekerjaan pemeliharaan ruas jalan Kota Baru - Sanglar - Pulau Kijang.

"Alhamdulillah, pembangunan ruas jalan Kota Baru - Sanglar - Pulau Kijang telah dimulai. Insya Allah, janji yang pernah saya ucapkan dulu, untuk mengendarai kendaraan roda empat menuju Pulau Kijang dalam helat MTQ Tingkat Kabupaten Inhil November mendatang akan segera terealisasi," ujarnya, Selasa (10/10/2017). 

Bupati juga menginstruksikan, agar Dinas PUPR senantiasa mengawasi jalannya pekerjaan sehingga upaya pemeliharaan ruas jalan yang telah lama dinantikan masyarakat setempat tersebut dapat selesai tepat waktu dengan tetap memperhatikan kualitas konstruksi.

"Kepada masyarakat, ketika pekerjaan pemeliharaan ini selesai, diharapkan untuk dapat selalu menjaganya. Sebab, memperoleh pembangunan itu bukan sesuatu yang mudah, seperti halnya membalikkan telapak tangan. Jadi, toling dijaga, tolong dirawat. Ini bukan milik siapapun, ini miliki kita bersama, maka kitalah yang harus menjaga," tegas Bupati.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Inhil, Illyanto mengatakan, pemeliharaan ruas jalan Kota Baru - Sanglar - Pulau Kijang, dibagi dalam 2 (Dua) jenis pekerjaan yang dilakukan, yaitu penimbunan total dan penimbunan pada titik - titik yang mengalami kerusakan.

"Kita akan upayakan juga, sebagian dari ruas jalan ini, Insya Allah akan di - LC (Lean Concrete / Lantai Kerja, red) dengan beton K 175. Target efektif untuk penanganan dalam pemeliharaan adalah sepanjang 6,6 Kilometer. Sedangkan, untuk target fungsional pemeliharaan ialah sepanjang 16 Kilometer," urainya seraya mengatakan, total nilai kontrak pemeliharaan ruas jalan Kota Baru - Sanglar - Pulau Kijang adalah sebesar Rp 12,2 Milyar.

Sejak pekerjaan pemeliharaan dimulai, menurut penuturan Illyanto, pihak rekanan mengaku belum menghadapi kendala teknis yang menjadi faktor penghambat penyelesaian pekerjaan. Begitu pula dengan persoalan klasik yang kerap dihadapi oleh para kontraktor, yakni sulitnya akses material bangunan.

"Kami telah merangkum dari semua sisi, termasuk menghubungi pemasok material bangunan agar jangan terkendala. Kesiapan Material sudah oke, lokasi sudah oke. Tadi juga sudah dikoordinasikan penambahan peralatan pekerjaan," pungkasnya.

Kadis PUPR Kabupaten Inhil meyakini ruas jalan Kota Baru - Sanglar - Pulau Kijang ini akan dapat difungsikan dengan lancar saat penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Inhil November mendatang.

"Selain adanya komitmen oleh kontraktor, kami juga telah memberikan arahan teknis kepada pelaksana lapangan (Kontraktor, red) untuk segera menyelesaikan pekerjaannya. Supervisi (pengawasan, red) pun akan tetap kami lakukan secara berkesinambungan hingga tahap demi tahap pemeliharaan selesai," tutup Illyanto.

Berita Lainnya

Index