Rizal Ramli: Jika Saya Presiden Pertumbuhan Ekonomi Bisa 10%

Rizal Ramli: Jika Saya Presiden Pertumbuhan Ekonomi Bisa 10%

JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyebut tiga faktor yang membuat laju pertumbuhan ekonomi Indonesia stagnan di level 5%. 

Rizal yakin bisa membawa Indonesia mencapai pertumbuhan di level 10% apabila dirinya menjadi Presiden. Apa yang membuat Rizal sangat yakin? 

Dalam sebuah diskusi, Kamis (22/2/2018), Rizal mengemukakan faktor pertama adalah praktek korupsi yang sudah sampai pada level sistemik. Dia menyebut puluhan kepala daerah yang menjadi tersangka korupsi menghambat aktivitas ekonomi. 

"Solusinya sederhana, negara harus membiayai partai, seperti di Eropa dan Australia. Jadi partai bisa fokus mendidik kader yang berkualitas," ungkapnya. 

Kedua, dia menyebut bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kurang ulet, inovatif dan berani. Rizal mengatakan Indonesia berbeda dengan Vietnam yang terkenal ulet dan pekerja keras. 

Dia memaparkan faktor ketiga sejak era Presiden Soeharto sistem ekonomi yang dianut Indonesia adalah sistem neoliberal ala Bank Dunia. Padahal, tuturnya, ada alternatif sistem yang tersedia, seperti yang dilakukan oleh China dan Vietnam. 

"Mungkin kelihatannya ribet ya, pertumbuhan bisa 10%, kemiskinan dan kesenjangan turun. Tapi saya bilang tidak. Solusinya, Rizal Ramli jadi Presiden," sesumbar Rizal.

BPS merilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia di Triwulan IV-2017 dan keseluruhan tahun 2017. Pertumbuhan ekonomi Triwulan IV-2017 tercatat 5,19% dan sepanjang tahun 2017 tercatat 5,07%.***

Sumber : CNBC Indonesia

Berita Lainnya

Index