UEK Perdana Mandiri Sejahtera Gelar MKPT, Pedagang Sate Dapatkan Rp10 Juta dan Emas 35 Gram

UEK Perdana Mandiri Sejahtera Gelar MKPT, Pedagang Sate Dapatkan Rp10 Juta dan Emas 35 Gram

SUNGAI PAKNING – Tarmizi pedagang sate di Sungai Pakning, Kamis 22 Februari 2018, dapat “durian runtuh” berupa hadiah uang sebesar Rp10 juta dan perhiasan emas seberat 35 gram.

Keberuntungan yang diperoleh Tarmizi, karena dirinya merupakan satu dari sekian pemanfaat program Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) Perdana Mandiri Sejahtera, Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu.

Hadiah diserahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Yuhelmi disaksikan Camat Bukit Batu Reza Noverinda dan Lurah Sungai Pakning Risky Afriadi dan seluruh pemanfaat. Pada saat penyerahan hadiah, sang penjual sate tidak hadir, namun diwakili oleh sang isteri bernama Eli Marlita.

Hadiah yang diberikan pada tahun ini, berbeda dari pada tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, hadiah utama yang diberikan kepada pemanfaat yang beruntung berupaa dua unit sepeda motor serta berbagai barang lainnya.

Seperti diketahui, Sisa Hasil Usaha (SHU) UEK-SP Perdana Mandiri Sejahtera, Sungai Pakning, terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2017 kenaiknya tidak signifikan, karena selama empat bulan tidak melakukan pencairan, disebabkan menunggu pendamping yang baru.

Dikatakan Ketua UEK-SP Perdana Mandiri Sejahtera, Tribuana, dana yang dikelola berasal dari Pemerintah Provinsi Riau maupun Kabupaten Bengkalis.

Pada tahun 2016, SHU dana bersumber dari Provinsi Riau mencapai Rp 27.127.000 dan tahun 2017 mencapai Rp28.542.700.

Dana yang bersumber dari Kabupaten Bengkalis, SHU yang dihasilkan pada tahun 2016 mencapai Rp205.534.000 dan pada tahun 2017 sebesar Rp208.004.206.

Sementara itu, Lurah Sungai Pakning Risky Afriadi mengatakan, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengelola UEK-SP Perdana Mnadiri Sejahtera. Kerja keras yang dilakukan selama ini, memberikan kontribusi positif dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat, terutama para pemanfaat.

“Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, salah satu bukti bahwa para pengelola sudah bekerja dengan baik. Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pemanfaat yang mengangsur pinjamannya tepat waktu,” ungkap Risky.

Pada kesempatan itu Camat Bukit Batu, Reza Noverinda, mengucapkan selamat kepada pemanfaat yang meraih hadiah utama berupa uang sebesar Rp10 juta dan emas seberat 35 gram.

Mantan Sekcam Bengkalis ini, berharap kehadiran UEK di tengah-tengah masyarakat memberikan dampak positif, terutama dalam hal meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat.

Reza juga mengajak para pengelola UEK Perdana Mandiri Sejahtera untuk mempertahankan prestasi yang pernah diraih, yakni UEK terbaik se-Kabupaten Bengkalis. Menyandang prediket terbaik, berarti memikul tanggungjawab lebih besar untuk meningkatkan kinerja lebih baik lagi di masa mendatang.  

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Yuhelmi menegaskan agar para pemanfaat untuk lebih bijak dalam memanfaatkan dana yang telah dipinjam.

Agar keberadaan dana UEK-SP, benar-benar dirasakan oleh masyarakat, maka pemanfaat agar tidak menunggak dalam membayarnya.***

Sumber : DISKOMINFOTIK

Berita Lainnya

Index