Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2018 Dimulai

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2018 Dimulai

JAKARTA - Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2018 yang berlangsung selama sebulan mulai 15 Maret hingga 15 April 2018 kembali dibuka oleh Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

PBSB sudah bergulir sejak tahun 2005. Program ini menjadi salah satu upaya Pemerintah melalui Kementerian Agama untuk memperluas akses bagi santri berprestasi untuk bisa kuliah di sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia dengan berbagai disiplin ilmu bukan hanya pada aspek pendidikan agama dan keagamaan.

“PBSB sekaligus menjadi bentuk kehadiran negara dalam mengapresiasi kontribusi pesantren dalam mengisi kemerdekaan. Apalagi, pesantren sudah menjadi sumber mata air keilmuan sejak abad 14, sebelum Belanda menjajah,” ujar Kamaruddin Amir Dirjen Pendidikan Islam di Jakarta.

BACA : Pergeseran Dari Investasi Infrastruktur Ke SDM

Sejak 2005, lanjut Kamaruddin, total sudah ada 4.276 santri penerima beasiswa PBSB. Sebanyak 3.428 santri sudah lulusan sarjana dan berhidmat pada beragam profesi, sedang 848 santri lainnya, masih menjalani kuliah.

“Para santri PBSB diharapkan menjadi generasi tangguh, tonggak keberlanjutan pesantren. Mereka diharapkan menjadi ilmuwan-santri moderat yang kelak akan menempati posisi-posisi penting di negeri ini. PBSB juga sejalan dengan upaya menjadikan Indonesia sebagai destinasi pendidikan Islam dunia,” tutur Kamaruddin.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ahmad Zayadi mengatakan kuota beasiswa PBSB tahun ini berjumlah 290 dan tersebar di 14 PTM.

BACA : Rencana Induk Pengembangan Kawasan Pariwisata

Berita Lainnya

Index