DP2KBP3A Gelas Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks

DP2KBP3A Gelas Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks

BAGANSIAPIAPI - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bersama Dinas Kesehatan Rohil menggelar sosialisasi deteksi dini kanker payudara dan serviks, di aula kantor DP2KBP3A batu enam Bagansiapiapi. Senin (23/4/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kartini tahun 2018 ini, turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Nur ainun Jamiludin, Kadis Kesehatan Rohil Dahniar, pengurus  PKK Kecamatan Bangko, Serta seluruh PNS dan Honorer di lingkungan DP2KBP3A.

Kepala DP2KBP3A, Sri rahayu dalam sambutannya menjelaskan, selain dalam rangka memperingti hari Kartini 2018, kegiatan ini juga sejalan dengan program Dinkes Rohil dan Program DP2KBP3A yaitu mewujudkan perempuan yang sehat melalui  kegiatan mempercepat deteksi dini kanker payudara dan serviks.

Pemeriksaan ini dilakukan dengan metoda Iva Test (Inspeksi Visual Asam Aesetat) dengan cara melihat langsung leher rahim dengan memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 - 5 persen. "Dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin," Jelas Rahayu.

Selain itu, lanjut Rahayu, Kegiatan ini juga dilanjutkan di seluruh Kecamatan yang ada di Rohil. "Diharapkan kepada seluruh PNS dan Honores dilingkungan DP2KBP3A untuk dapat melakukan pemeriksaan dan pencegahan kanker payudara dan serviks secara dini," imbau wanita yang akrab disapa Ayu.

Hal Senada juga di sampaikan Kadinkes Dahniar, mengatakan saat ini angka kematian untuk kanker payudara dan kanker mulur rahim merupakan kasus terbesar di Dunia. Oleh karena itu sosialisasi ini harus digalakkan.

"Program ini sesuai dengan Dinkes Rohil serta program Ibu Presiden, makanya Ibu Presiden menginstuksikan untuk seluruh ibu yang berada di kabupaten kota, untuk mempercepat deteksi secara dini," jelas Dahniar.

Kanker mulut rahim yaitu penyakit yang menyerang bagian mulut rahim wanita, dan menjadi penyebab kematian yang paling tinggi jika di bandingkan dengan jenis kanker lainnya.

Penyakit kanker serviks merupakan penyakit yang paling di takuti oleh para wanita. Kanker servik biasanya menyerang wanita yang telah berusia 35-55 tahun.

[jul/jul]

#Pemkab Rohil

Index

Berita Lainnya

Index