Porwanas XIII Papua Diundur Hingga 2020 Mendatang

Porwanas XIII Papua Diundur Hingga 2020 Mendatang

PEKANBARU - Pelaksanana Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII, yang akan digelar 2019 di Provinsi Papua, diundur hingga tahun 2020 mendatang.

Pengunduran jadwal Porwanas tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua, Paul Karma, pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) SIWO, di Hotel Rich, Yogyakarta, Jumat (6/7/2018).

Paul menjelaskan, ada beberapa alasan yang membuat panitia memutuskan untuk mengundur pelaksanaan event akbar olahraga para jurnalis ini.

Salah satunya karena Papua baru menyelesaikan Pilkada Gubernur sehingga belum diketahui siapa yang akan memimpin Papua lima tahun kedepan. Akibatnya anggaran untuk penyelenggaraan Porwanas yang semula sudah dibahas, terpaksa harus diulang kembali.

Selain persoalan pendanaan, faktor keamanan juga menjadi pertimbangan utama. Pasalnya, tahun 2019 nanti bersamaan dengan agenda politik nasional seperti Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif.

"Jadi kami putuskan Porwanas di Papua diundur yang semula 2019 menjadi tahun 2020. Kami bangga diberi kepercayaan menjadi tuan rumah. Tapi dengan kondisi tahun ini dan tahun depan tidak memungkinkan kami menyelenggarakannya. Hal-hal tersebutlah yang menjadi faktor pengunduran Porwanas,” kata Paul.

“Setelah mengadakan pertemuan dengan Pemprov Papua, mereka menganjurkan diundur saja. Agar pelaksanaan Porwanas bisa berjalan lancar, aman dan semua peserta senang berada di Papua,” tambahnya.

Untuk pelaksanaannya tahun 2020 mendatang, dijadwalkan dua bulan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang juga dilaksanakan di Papua, pada bulan Oktober 2020. Selain itu juga sekaligus ujicoba beberapa venue yang ada di Papua.

“Kita jadwalkan sebelum PON, sama seperti Porwanas di Jabar lalu, pelaksanaan juga sebagai ajang ujicoba menjelang PON,” ungkapnya.

Menurut Paul ada delapan cabang olahraga (cabor) yang rencananya akan dipertandingkan pada Porwanas 2020. Delapan cabor itu yakni atletik, biliar, bulutangkis, catur, futsal, sepakbola, tenis meja dan tenis lapangan. “Selain itu ada dua cabang kompetisi yaitu karya tulis dan foto jurnalistik," jelasnya.

Sementara itu, Ketua umum SIWO PWI pusat, Raja Pane, memaklumi pengunduran jadwal Porwanas. Dan ia berharap dari pihak Papua tetap menyiapkan pelaksanaan Porwanas dengan lebih baik lagi.

"Bagaimanapun Papua tetap menjadi tuan rumah Porwanas. Dan kita harus menerima itu, mudah-mudahan bisa berjalan lancar,"kata Raja Pane.

“Untuk selanjutnya penetapan cabor dan nomor akan ditetapkan pada Rakernas Siwo pada tahun 2019 di Jawa Timur,” tutup Raja Pane. (mcr/mcr)

#PWI Riau

Index

Berita Lainnya

Index